BREAKINGNEWS! Perahu Ketinting Tenggelam Slamet Surono Hilang

Perahu Dihantam Gelombang

0 226

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Sebuah kecelakaan Perahu Ketinting terjadi di Perairan Muara Sanga-Sanga, Kecamatan Sanga-Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim, Minggu (1/10/2023) sekitar Pukul 15:00 Wita.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Balikpapan Melkianus Kotta dalam keterangan tertulisnya yang diterima DETAKKaltim.Com mengatakan, laporan kejadian tersebut diterima dari Bariyani, Minggu (1/10/2023) Pukul 21:20 Wita. Perkiraan lokasi kejadian (LKP)  0°36’3.14″S-117°16’56.27″E.

Akibat kecelakaan air tersebut, satu orang atas nama  Slamet Surono (55) beralamat di Jalan Perum Sumalindo, Kecamatan Samarinda Seberang, Kota Samarinda, hilang. Sedangkan 4 orang lainnya berhasil diselamatkan.

Baca Juga:

Melansir keterangan pelapor, Melkianus menjelaskan kronologis kejadian naas tersebut. Pada hari Minggu sekitar Pukul 12:30 Wita, 5 orang korban mengendarai Perahu Ketinting bertolak dari Tambak Ansar yang berada di Mangkubur, Desa Sepatin, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai kartanegara. Rencananya akan menuju Kelurahan Bantuas, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda.

Sekitar Pukul 15:00 melintas di Perairan Mahakam, tepatnya Perairan Muara Sanga-Sanga. Perahu Ketinting dihantam gelombang pada lambung kiri, dan kemudian kembali dihantam lambung bagian kanan mengakibatkan air masuk ke dalam Perahu Ketinting.

“Tidak lama kemudian Perahu Ketinting tenggelam, setelah itu ada dua buah Perahu Ketinting yang datang menolong dan dapat  menyelamatkan empat korban. Satu hilang belum diketemukan sampai sekarang,” jelas Melkianus.

4 orang yang selamat dan menjadi saksi dalam peristiwa ini masing-masing Bariyani (58), Suryanti (40), Muhammad Rangga (9), dan M Yusuf (30) yang menjadi motoris Perahu Ketinting tersebut.

Menerima laporan itu, KPP Balikpapan menerjunkan Tim Rescue USS Samarinda ke lokasi kejadian melakukan pencarian setelah berkoordinasi dengan pelapor.

Sejumlah unsur ambil bagian dalam pencarian di antaranya Tim Rescue Unit Siaga SAR Samarinda, Polairud Polres Kutai Kartanegara, Polsek Sanga-Sanga, Relawan Damkar Kecamatan Sanga-Sanga, masyarakat, dan keluarga korban.

Dari pencarian yang dilakukan Tim SAR Gabungan tersebut, hingga Pukul 00:30 Wita, Senin (2/10/2023) korban Slamet Surono belum ditemukan sehingga masih akan dilanjutkan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL

Editor: Lukman

(Visited 223 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!