Kukar Land Festival 2023 Bangkitkan UMKM

Rendi Solihin: Perputaran Uang Capai Milyaran

0 48

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA: Selama perhelatan Kukar Land Festival 2023 yang diselenggarakan selama dua hari berturut-turut dari tanggal 22-23 September ini, tidak hanya membuat kaula muda senang dengan kehadiran berbagai artis nasional.

Namun juga, menuai berkah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ikut menjajakan dagangannya.

Bagaimana tidak, selama berlangsungnya Kukar Land Festival tercatat ratusan ribu pengunjung dari berbagai kota di Kalimantan Timur (Kaltim).

Mereka rela mendatangi lokasi Stadion Aji Inbut, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, demi untuk melihat penampilan artis favorit mereka.

Berdasarkan keterangan dari panitia pelaksana Kukar Land Festival 2023, dipastikan perputaran uang dapat mencapai miliaran rupiah selama acara berlangsung.

Hal tersebutpun dibenarkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Kukar Rendi Solihin. Ia mengatakan, selama berlangsungnya helatan Kukar Land Festival para pelaku UMKM merasakan betul dampak ekonominya.

Bayangkan saja jika satu orang mengeluarkan uang untuk berbelanja, dikalikan dengan jumlah pengunjung yang mencapai ratusan ribu orang itu bisa tembus miliaran rupiah per malamnya.

Perputaran uang pada hari pertama dan keduapun diprediksi fantastis. Perputaran ekonomi yang berlangsung pada 22-23 September 2023 ini menembus angka Rp34 Milyar.

“Saya dengar langsung dari pedagang mengatakan, bahwa dagangan mereka sudah habis laris manis sejak sore,” ujar Rendi.

Mendengar pengakuan tersebut, Rendipun merasa bahagia melihat para pelaku UMKM dapat tersenyum bahagia.

Ia mengaku, semua stand booth yang disediakan selama acara Kukar Land tidak dipungut biaya sepersenpun alias gratis.

Alasan digratiskan stand booth bertujuan untuk melakukan pemulihan ekonomi bagi pelaku UMKM, yang sempat terdampak Covid-19.

“Kami sediakan stand booth bagi UMKM dengan gratis, jadi mereka dapat berjualan dengan tenang tanpa harus memikirkan biaya sewa stand booth,” ucapnya.

Rendi menambahkan, dengan melihat antusias masyarakat sangat tinggi. Ia memastikan Kukar Land jilid dua akan tetap dilaksanakan pada tahun depan, Rendi berjanji acara tahun depan akan lebih meriah lagi.

“Saya pastikan tahun depan acara Kukar Land akan dilaksanakan lagi dan lebih meriah lagi hingga talentnya juga akan lebih banyak lagi, ” sebutnya.

Baca Juga:

Siti seoraang pelaku UMKMpun merasa senang, dengan terselenggaranya Kukar Land Festival 2023. Sebab, selama berlangsung festival ini dagangannya laris manis.

“Saya salut dengan kepemimpinan Edi-Rendi yang terus memprioritaskan para pelaku UMKM, dengan menyediakan stand booth gratis terhadap para pedagang kecil,” ujarnya.

Iapun berharap kepada Pemkab Kukar, untuk terus memperhatikan para pelaku UMKM di Kukar. Karena dengan banyaknya acara yang dilaksanakan oleh Pemkab Kukar, jelas akan memberikan dampak terhadap bagi pelaku UMKM.

“Dengan banyaknya kegiatan yang diselenggarakan pemerintah, otomatis para pedagang ini merasa senang karena dapat menjajakan dagangan kepada para pengunjung.” tandas Rendi. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis

Editor: Lukman

(Visited 42 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!