Warga Muhammadiyah Gelar Shalat Idul Adha di GOR Segiri Samarinda

Khatib: Dibutuhkan Figur-Figur Keteladanan

0 917

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Ribuan warga Muhammadiyah menunaikan ibadah Shalat Idul Adha 1444 H/2023 di halaman parkir GOR Segiri Samarinda, Rabu (28/6/2023) pagi.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha ini digelar Pengurus Daerah Muhammadiyah Kota Samarinda, dengan menghadirkan Khatib Machnun Uzni Wakil Sekretaris PWM Kaltim yang menyampaikan di hadapan Allah Swt kita sama. Yang membedakan hanya ketaqwaan kita.

Selanjutnya, Khatib Machnun Uzni juga menyampaikan dalam kehidupan ini salah satu yang amat dibutuhkan adalah adanya figur-figur keteladanan. Ibadah Idul Adha merupakan tampilan figur keteladanan Nabi Allah, Nabi Ibrahim Alaihi Salam (AS), istrinya Siti Hajar, dan putranya Ismail.

“Sesungguhnya telah ada suri tauladan yang baik bagimu pada Nabi Ibrahim bersama orang-orang dengan dia,” sebut khatib mengutip arti salah satu ayat dalam Al Qur’an.

Dari sekian banyak keteladanan, disebutkan Nabi Ibrahim dan keluarganya memiliki ketahanan keluarga yang luar biasa.

“Idul Adha membawa kenangan kita ke ribuan tahun silam, mengenang manusia-manusia agung yang telah menciptakan arus besar peradaban, membentuk arah kehidupan,” sebut Khatib.

Baca Juga:

Tiga manusia agung, Nabi Ibrahmi, Siti Hajar, dan Ismail berjalan 2 ribu Kilometer dari Negeri Syam menuju lembah yang tidak tertanami tanam-tanaman. Mereka memulai kehidupan baru tanpa apa-apa, dan tanpa siapa-siapa.

Bayangkan mereka membangun Ka’bah dan memulai peradaban, bayangkan 42 generasi dari anak cucu Nabi Ibrahim secara turun temurun hingga Nabiullah Muhammad SAW. Membawa agama tauhid, mengubah jazirah itu menjadi pusat dan memimpin peradaban,” kata Khatib Machnun Uzni.

Bayangkan, lanjut Khatib, Ka’bah hanya ditawafi oleh 3 manusia agung itu. Hari ini, setiap tahunnya lebih 5 juta yang mengelilingi Ka’bah yang senantiasa mengharap ridho Allah Swt.

Selain di Lapangan Parkir GOR Segiri Samarinda, warga Muhammadiyah di Kota Samarinda juga menggelar Shalat Idul Adha 1444/2023 di sejumlah tempat lainnya. Di antaranya halaman Masjid Ad Dakwah PWM, GOR Kadrie Oening Sempaja, dan halaman parkir Bawah UMKT.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha tersebut, berlangsung lancar di bawah cuaca yang nampak mendung. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL

(Visited 90 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!