Zahrin : BPD Aset Daerah untuk Mengembangkan Perekonomian Masyarakat

0 34

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA :  Bank  Pembangunan Daerah  (BPD) merupakan salah satu  Perusahaan Daerah milik Pemerintah Provinsi Kaltim, sehingga BPD Kaltim harus memiliki peranan di dalam  meningkatkan kesejahteraan  masyarakat.

Menurut Zahrin, Karo Ekonomi Pemprov Kaltim sekaligus anggota Sekretariat Dewan Pengawas BPD Kaltim, BPD Kaltim merupakan satu-satunya asset daerah untuk mengembangkan perekonomian masyarakat Kaltim.

“Tentunya kita mengharapkan, keuangan-keuangan yang ada di daerah maupun di perusahaan serta di masyarakat dapat dimanfaatkan untuk  Kaltim. Karena sebagai sekretariat dari BPD Kaltim, merupakan dapur yang akan meramu pelayanan dari BPD agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh rakyat Kaltim, baik untuk saat ini maupun untuk jangka panjang,” ungkap Zahrin.

Hal tersebut kata Zahrin, harus diikuti langkah-langkah inovatif, terlebih dengan kondisi ekonomi global saat ini, tentunya harus banyak inovasi  untuk mengembangkan peranan dari BPD Kaltim.

Terlebih saat ini bank-bank daerah lain, sebut Zahrin, sudah mulai intervensi masuk ke Kaltim.

“Misalnya saja Bank Jawa Barat sudah ada di Balikpapan, ini suatu persaingan sehingga kita pun harus mendekati daerah mana yang berpotensi untuk kita tingkatkan ekonominya, terutama UKM yang  bisa bertahan hingga saat ini,” jelasnya.

Terlebih  sumber daya alam Kaltim  menurut Zahrin, 70 persen berasal dari sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Sehingga dari segi pertanian secara luas harus dikembangkan, karena hal ini juga  yang bisa bertahan.

“Jika kita tidak mendorong ekonomi lemah, maka Kaltim bisa goyah. Kita bisa mencontoh  provinsi lain yang tidak tergantung pada sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui semacam Kalimantan Barat,  mereka masih bisa berjalan dengan baik,” terang Zahrin.

Terhadap BPD Kaltim bisa dilakukan hal yang sama, jelas Zahrin lagi, dengan cara melakukan inovasi tadi. Mendekati masyarakat, terutama masyarakat ekonomi ke bawah untuk didorong  agar  dapat meningkatkan  taraf ekonominya, sehingga bisa sejahtera.  (*MY)

(Visited 4 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!