Wagub Kaltim Hadiri Puncak Perayaan HUT Ke-22 LPADKT- KU

Hadi : LPADKT-KU Telah Menunjukkan Dedikasinya Dalam Menjaga Bangsa

0 146

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Tahun Ke-22 Laskar Pemuda Adat Dayak Kalimantan Timur-Kalimantan Utara (LPADKT-KU) berlangsung meriah, Jum’at (15/7/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Gelanggang Olahraga (Gelora) Kadrie Oening Samarinda tersebut, diawali dengan Jalan Santai yang diikuti oleh ratusan anggota LPADKT-KU dan masyarakat Samarinda.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Timur Hadi Mulyadi, dan turut melepas peserta Jalan Santai.

Dalam kesempatan tersebut, Hadi Mulyadi mengharapkan LPADKT-KU bisa menjadi salah satu elemen pemersatu Bangsa Indonesia di Kaltim dan Kaltara.

Ke depannya, lanjut Hadi, dalam menghadapi persoalan bangsa dalam konteks Indonesia secara umum, dan dalam rangka pembangunan Ibu Kota Negara dan menjaga keamanan serta kondusifitas di Kaltim dan Kaltara, salah satu ormas yang berperan penting menjaga persatuan dan kesatuan bangsa itu adalah LPADKT-KU.

“Alhamdulillah, LPADKT-KU telah menunjukkan dedikasinya dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, di seluruh penjuru tanah air, di Kaltim dan Kaltara,” katanya.

Mantan legislator Senayan ini mengatakan, Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas, persoalan yang dihadapi kompleks, banyak masalah dan problem yang harus diselesaikan bersama.

“Saya berpesan kepada seluruh pengurus dan anggota LPADKT-KU, untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan. Karena persatuan dan kesatuan adalah warisan nenek moyang kita, yang sangat luar biasa.” tegasnya.

Baca Juga :

Ketua Umum LPADKT-KU Vendi Meru mengatakan, sejak tahun 2000 Ormas yang dipimpinnya telah menanamkan slogan mengakui perbedaan, mengutamakan kebersamaan, dan menjadikannya prinsip. Sehingga setelah terbentuk di 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Kaltim dan Kaltara, pihaknya tidak mebedakan suku, ras, agama, dan status untuk bergabung di LPADKT.

“Konsep kami adalah 4 K. Kebersamaan, Kekeluargaan, Kekompakan, dan Kehepian. Sehingga kami ingin hadir berkontribusi untuk masyarakat dan daerah, juga untuk menghilangkan stigma premanisme di Ormas,” ujarnya.

Lebih lanjut Vendi Meru menjelaskan, meski Ormas LPADKT- KU sudah berdiri dua dekade lebih, namun oraganisasi yang dipimpinnya tidak pernah meminta-minta kepada pemerintah, karena kekompakan anggotanya dalam membesarkan organisasi.

“Kami tidak pernah meminta pembiayaan dari pemerintah, kami berdikari, yakni berdiri di atas kaki sendiri. Dan acara HUT ini untuk memberikan nuansa kebersamaan, kepada masyarakat Kaltim- Kaltara, khususnya masyarakat kota Samarinda sebagai tuan rumah, bahwa kita ingin berbagi kebahagian kepada masyarakat,” tambahnya.

Terakhir, ia menghimbau kepada anggota LPADKT- KU agar tetap mengedapan persatuan dan kesatuan, karena di dalamnya terdapat berbagai macam suku, ras dan agama. Oleh karena itu, ia meminta kepada anggotanya untuk tetap menjaga keutuhan bangsa, terlebih lagi dengan ditetapkannya Kaltim sebagai Ibu Kota Nusantara.

“Kita sepakat mengakui perbedaan, dan mengutamakan kebersamaan, dan damai itu indah. Ini adalah prinsip yang kita pegang, menghormati senior dan menghargai yunior. Dan yang terakhir melalui HUT ini, kami ingin menyampaikan bahwa kami siap mengawal pembangunan Ibu Kota Nusantara, sebagai Ormas lokal kami sangat mendukung IKN.” tutupnya.

Selain jalan santai, HUT LPADKT-KU juga dirangkaikan dengan acara hiburan dan Pelantikan Pengurus Ranting LPADKT-KU se-Kota Samarinda. Bahkan panitia membagikan hadiah ratusan juta rupiah, kepada peserta jalan santai. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

(Visited 10 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!