TPU Damanhuri Longsor, Ketua RT Minta Pemkot Turun Tangan

TPU Damanhuri Longsor, Ketua RT Minta Pemkot Turun Tangan

0 101

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari belakangan sering melanda Kota Samarinda, membuat sejumlah titik terjadi longsor. Salah satunya di Tempat Pemakaman umum (TPU) Damanhuri, RT 61, Jalan Damanhuri, Kelurahan Sungai Pinang Dalam, Kecamatan Sungai Pinang.

Akibat kejadian longsor tersebut, puluhan makam di TPU Damanhuri bergeser dan ada pula yang tertimbun tanah. Warga  mengetahui longsornya tanah di makam tersebut sejak Kamis (19/8/2021), sekitar Pukul 05:00 Wita.

“Saya mendapat info jika pemakaman di Damanhuri longsor, saya langsung datang karena makam mertua saya ada di sini. Dan memang saat datang ke makam mertua saya, kondisinya hampir tertimbun makam di atasnya,” kata Lini, warga Jalan M Said kepada awak media DETAKKaltim.Com, Jum’at (20/8/2021)

Ketua RT 06 Karnadi menjelaskan, jika makam yang terdampak longsor sebanyak 50 makam. Dari puluhan makam tersebut kondisi terparah akibat longsor ada 30 makam, dengan keadaan bagian pondasi hingga batu makam rusak berat dan telah bergeser dari tempatnya semula.

“Di sini ada satu titik longsor di lokasi pemakaman di deretan atas, dan dari yang terlihat sekarang semua makam mengalami kerusakan dan sudah tidak layak,” ucap Karnadi.

Baca Juga :

Karnadi melanjutkan, jika kondisi longsor masih menghawatirkan karena tanah masih terus bergerak. Ia khawatir jika tidak segera diperbaiki bukan tidak mungkin longsor akan terus terjadi, dan mengancam ratusan makam yang ada di bawahnya.

“Memang beberapa hari ini kan hujan terus. Dan ini yang dikhawatirkan, untuk itu saya berharap bagi ahli waris yang dimakamkan di sini sebaiknya segera mengecek kondisi makam keluarganya,” harap Karnadi.

Karnadi berharap kepada pemerintah untuk bisa membantu mengatasi kondisi longsor di TPU, sebab bila tidak bukan tidak mungkin longsor susulan dapat terjadi kembali.

“Ini saja masih terus bergerak, apalagi kalau hujan. Harapannya agar segera Dinas terkait bisa datang mengecek kondisi longsor di kuburan ini, dan semoga segera mendapat solusi.” tutup Karnadi. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

(Visited 9 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!