Tinjau Lokasi, KPT : Pembangunan PN PPU Tahun 2018

0 43

DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Soedarmadji, Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) Kalimantan Timur (Kaltim) dan jajarannya meninjau langsung lokasi yang akan dijadikan persiapan mengoprasionalisasikan Pengadilan Negeri (PN) Penajam Paser Utara (PPU), Rabu (18/10/2017).

Di sela-sela peninjauan itu, Soedarmadji yang didampingi Sekretaris Daerah PPU, Tohar, mengatakan berdasarkan anggaran yang telah diusulkan, pembangunan fisik gedung PN Kabupaten PPU diperkirakan  baru akan dimulai pada tahun 2018.

Sementara Keputusan  Presiden (Kepres) untuk mengoprasionalisasikan PN yang ada di PPU sudah turun dan harus segera dilaksanakan di Kabupaten PPU. Oleh karenanya dalam waktu dekat, pihaknya mengatakan akan melakukan peminjaman atau pemakaian gedung sementara yang berada di Kilometer 04 Kelurahan Nenang.

“Pada hari ini kami telah melihat langsung gedung yang diusulkan oleh Sekretaris Daerah PPU kepada kami, yang rencananya akan dipakai untuk mengoperasionalisasikan PN di Kabupaten PPU ini. Tinggal selanjutnya laporan peninjauan ini akan kami sampaikan kepada pimpinan, apakah layak atau tidak bangunan ini untuk sebuah PN di PPU. Pimpinan yang akan menentukan nanti,” kata Soedarmadji.

Jika usulan pemakaian gedung, lanjutnya, yang berada di Kilometer 04 Kelurahan Nenag  tersebut disetujui untuk digunakan sebagai kantor PN, diperkirakan pada awal 2018 mendatang pelaksanaan sidang perkara hukum sudah dapat dilaksanakan di PPU. Selama ini dianggap terlalu memberatkan masyarakat PPU, karena mereka yang akan melakukan sidang perkara masih harus ke Kabupaten Tanah Grogot.

Soedarmadji menerangkan, saat ini jumlah penduduk di PPU lebih besar dari Kabupaten Induk Tanah Grogot. Perkara yang ditangani PN Tanah Gerogotpun lebih besar berasal dari PPU. Sementara itu hingga saat ini pelaksanaan sidang bagi masyarakat PPU masih harus dilaksanakan di PN Tanah Grogot.

“Selama ini jika pelaksanaan sidang perkara pidana  harus menghadirkan tersangka yang ada di Polres PPU, para saksi-saksi, keluarga  dan sebagainya ke Tanah Grogot. Harus menghabiskan biaya berapa untuk menuju ke sana. Namun jika operasinya di PPU sini, semua itu tentu akan membantu dan meringankan  masyarakat kita,“ tandasnya. (Humas6/LVL)

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!