Tekan Angka Kecelakaan, Dishub Kaltim Akan Gelar FGD Forum LLAJ

0 281

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Permasalah mengenai penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan memang menjadi masalah yang cukup rumit untuk diselesaikan. Oleh karena itu perlu adanya pemikiran secara kolektif untuk terlaksananya sistem penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan yang baik, sekaligus memecahkan dan menganalisis permasalahan yang terjadi, agar tercapainya kualitas pelayanan lalu lintas yang baik untuk masyarakat.

Hal itu disampaikan Mahmud Samsul Hadi, Kepala Bidang LLAJ Dishub Kaltim saat disambangi di kantornya, Senin (4/11/2019).

Untuk menekan angka kecelakaan dalam berlalu lintas, kata dia, Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur melalui bidang LLAJ dalam waktu dekat akan menyelenggarakan kegiatan FGD forum lalu lintas angkutan jalan.

“Kegiatan ini sebagai upaya Dishub Kaltim untuk meningkatkan pelayanan dan keselamatan bagi para pengguna jalan,” kata Mahmud.

Focus Group Discussion (FGD) tersebut dilaksanakan dengan 5 pilar, di antaranya manajemen lalu lintas yang berkeselamatan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, dan penanganan pasca kecelakaan.

Kepala Bidang LLAJ Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur Mahmud Samsul Hadi mengatakan, FGD tersebut akan dilaksanakan pada 14 November 2019 di Balikpapan dengan pesertanya melibatkan para pengusaha angkutan umum, mahasiswa, dan organisasi masyarakat.

“Tentunya mereka perlu memahami bagaimana keselamatan, sasaran kita tentu masyarakat pengguna jalan, dengan harapan mereka bisa memahami keselamatan jalan dan berprilaku agar selamat di jalan,” ujar Mahmud Samsul Hadi kepada DETAKKaltim.Com. 

Forum lalu lintas angkutan jalan ini sebagai media dalam melakukan koordinasi antara instansi terkait, untuk menyelesaikan masalah lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ).

“Forum ini, dapat menyusun program pencegahan kecelakaan lalu lintas di bawah Kepolisian, dan memberikan masukan dan saran dalam rangka penetapan rencana induk jaringan LLAJ. Kita perlu ada kerja sama dari instansi terkait agar manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat luas,” pungkasnya. (Gladis)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!