Tangani Virus Corona, RSUD AWS Samarinda Bentuk Tim Khusus

0 216

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Syahranie Samarinda menyediakan ruangan khusus untuk menangani pasien yang terduga terkena Virus Corona.

Selain ruangan khusus, pihak rumah sakit juga membentuk tim dokter yang akan menangani virus yang sudah menyebabkan puluhan orang meninggal dunia tersebut, tim yang dibentuk itu terdiri dari dokter spesialis paru-paru, spesialis anak dan spesialis anastesi.

Kabid Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjahranie Samarinda Nurliana Adriati Noor mengatakan, pihaknya menyediakan 2 ruangan isolasi bagi warga Kaltim yang terdeteksi Virus Corona.

“Dua ruangan isolasi itu masing-masing memiliki empat tempat tidur bagi yang diduga dan dua tempat tidur bagi yang terkonfirmasi positif mengidap Virus Corona. Fasilitas ruangan isolasi ini sudah kami miliki sejak 2007 lalu, menyusul ditetapkannya sebagai rumah sakit rujukan nasional untuk kasus emergency,” ujar Dokter Nurliana, Senin (27/1/2020).

Ciri-ciri Virus Corona menurut perempuan yang disapa Nana itu gejala awal sama dengan influenza, dengan keluhan batuk, demam serta sesak yang menyebabkan kesulitan bernapas. Jika masyarakat mengalami masalah tersebut disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan, meski begitu ia menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik.

“Karena tidak semua flu itu Corona, kecuali ada riwayat kontak dengan penderita atau pernah mengunjungi daerah endemik Virus Corona. Kami menghimbau masyarakat agar menjaga pola hidup teratur dengam membiasakan mencuci tangan sebelum makan dan tidur secukupnya, agar sistem imunitas stabil,” jelasnya. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor  : Lukman

(Visited 11 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!