Tangan Dingin Ketua DPRD Selamatkan Kelompok Seni Jaranan di Kutim

Joni : Berharap Agar Kesenian Ini Terus Dipertahankan

0 193

DPRD KUTAI TIMUR

seni jaranan
Perlengkapan Kesenian Kuda Lumping berupa seperangkat Gamelan bantuan Ketua DPRD Kutim Jonis, S.Sos kepada warga Rantau Pulung. (foto : 1st)

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Ketua DPRD Kutai Timur (Kutim) Joni datang langsung memberikan bantuan kepada Kelompok Kesenian Kuda Lumping Turunggo Binangun Jati Negara, berupa Perlengkapan Kesenian Kuda Lumping berupa seperangkat Gamelan yang terdiri dari Gong, Bonang (Kenong), Saron dan Kendang.

Joni berharap kepada masyarakat Rantau Pulung agar Kesenian Kuda Lumping (Jaranan) ini harus dilestarikan, karena merupakan warisan budaya nenek moyang kita. Jadi harus dijaga untuk kita wariskan ke anak cucu, sebagai warisan budaya.

“Mari kita mendidik para generasi muda tentang pentingnya seni dan budaya Jawa di Kutai Timur, khususnya Kesenian Kuda Lumping dan budaya tradisional. Melatih dan membimbing para generasi muda untuk mengangkat, melestarikan seni dan budaya Jawa,” pesan Joni usai menyerahkan perlengkapan Kesenian Jaranan itu, Rabu (30/6/2021).

Politisi PPP Joni yang saat bersamaan hadir dalam acara tersebut mengaku puas. Bantuan yang ia berikan bisa kembali menghidupkan upaya pelestarian budaya dan kreativitas Kuda Lumping di Kutim, khususnya di Kecamatan Rantau Pulung.

“Sangat bersyukur sekali, apa yang kita berikan ini sudah membantu mereka dengan terus menjaga nilai budaya kesenian yang ada di Indonesia. Bahkan saya berharap agar kesenian ini terus dipertahankan, jangan sampai terkubur hanya lantaran fasilitas yang tidak memadai. Semampunya selagi kami masih menjadi bagian dari perpanjangtanganan warga dengan negara, maka Insya Allah akan kami upayakan,” kata Joni kepada DETAKKaltim.Com.

Baca juga :

Selain itu, Joni juga mengajak masyarakat Kutim berpartisipasi secara aktif membantu Pemerintah Daerah dalam melestarikan dan mengembangkan kesenian dan kebudayaan daerah.

“Sehingga semua kebudayaan yang ada di Kutim, bisa terjaga dan dinikmati oleh masyarakat,” pintanya.

Sementara itu, Dari Dinas Kebudayaan Kutim Dedi mengajak masyarakat Kecamatan Rantau Pulung agar berpartisipasi secara aktif membantu Pemerintah Daerah, dalam melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional dan kebudayaan daerah.

“Kami berharap semua bisa ikut berperan dalam menjaga dan melestarikan semua kebudayaan etnis tradisional yang ada di Kutim, agar bisa dinikmati oleh semua masyarakat dan penerus kita.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com/adv.)

Penulis : RH

Editor  : Lukman

(Visited 35 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!