Tambah Satu Positif Mengidap Covid 19 di Kutim

0 41

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Pasien positive Covid-19 Kabupaten Kutai Timur (Kutim) saat ini bertambah satu orang hingga total saat ini menjadi tiga orang. Laki-laki (43) ini sebelumnya melakukan perjalanan dakwah/jama’ah tabligh ke India lalu ke Singapore dan kembali ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta, Bandara Sepinggan Balikpapan, dan tiba di Bandara Tanjung Bara Sangatta.

Pada saat konferensi pers di Gedung Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jalan Soekarno Hatta Sangatta Utara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim Bahrani Hasanal menjelaskan tambahan satu kasus ini merupakan kluster baru.

“Kalau kita lihat dari perjalanannya dia kan baru dari India jadi ini adalah kluster baru. Awalnya Mr X ini hanya ada keluhan flu biasa, namun tak kunjung sembuh hingga akhirnya kita rujuk ke klinik Covid-19 RSUD Kudungga,” jelasnya.

Dikatakannya, Mr X sudah dirawat sejak (27/3) lalu dan dari hasil swab ia dinyatakan positive Covid-19. Sepulangnya dari India Mr X datang bersama Mr Y yang saat ini sudah dirawat dan menunggu hasil swab.

“Mereka datang berdua, yang satu ada keluhan yang satu ini nyaris tidak ada keluhan sama sekali. Namun tetap kita karantina di RSUD Kudungga, dan juga sedang menunggu hasil swab dari Surabaya. Keduanya ini saling berkontak erat,” katanya.

Selain itu untuk kerabat dan pihak keluarga keduanya sudah diimbau untuk melakukan isolasi mandiri, dan cek kesehatan berkala. Bahkan Bahrani meminta agar tetap menjaga kesehatan, serta terapkan social distancing bagi semua masyarakat Kutim.

Senada, Bupati Kutim Ismunandar menegaskan kepada masyarakat Kutim agar tetap di rumah, bekerja dari rumah, dan terapkan social distancing demi memutus penyebaran Covid-19.

“Jangan bepergian keluar daerah, ini wabah berbahaya. Beresiko ke siapa saja bisa kena, untuk itu tetaplah kalian di rumah. Bekerja dari rumah, biarlah kami yang bekerja di luar seperti Tim Medis, Satgas, dan rekan media yang selalu menyampaikan informasi terbaru terkait perkembangan daerah. Jaga jarak, ikuti imbauan pemerintah agar lakukan social distancing, dan terpenting terapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” tutupnya. (DK.Com)

Penulis: RH

Editor: Lukman

(Visited 3 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!