Tahu Resiko, Warga Serahkan Senjata ke Satgas Pamtas RI-Malaysia

0 150

DETAKKaltim.Com, NUNUKAN : Prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 611/Awang Long, Kodam VI/Mulawarman kembali menerima penyerahan senjata api rakitan jenis Penabur secara sukarela dari masyarakat di RT 02/01, Desa Sujau, Kecamatan Sebuku, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Senin (24/4/2017).

Dansatgas Pamtas Yonif 611/Awang Long, Letkol Inf Sigid Hengki Purwanto menjelaskan, tahun 2009 sampai dengan 2010 Yonif 611/Awl pernah melaksanakan Satgas Pamtas di wilayah Kabupaten Nunukan dan sekitarnya. Sehingga Prajurit yang sudah pernah tugas di daerah ini paham betul akan situasi dan kondisi di lapangan, salah satunya Kopda Ramlan Salamudin.

Kopda Ramlan Salamudin sering mengajak Danpos, Wadanpos dan anggota lainnya untuk melaksanakan anjangsana ke masyarakat yang sudah dikenal. Salah satunya adalah warga bernama Irsan yang sudah dianggap keluarga sendiri oleh anggota Pos Tembalang.

Minggu (23/4/2017), Serda Handoko tanpa sengaja bertemu dengan Irsan dan keluarganya di Warung Bakso SP2, sambil bercerita ia menyampaikan bahwa memiliki senjata api rakitan  jenis Penabur yang sudah lama disimpan dan tidak digunakan lagi.

Selanjutnya, Senin (24/4/2017) Pukul 11:00 Wita, anggota Pos Tembalang melaksanakan anjangsana dan silaturrahmi ke rumah Irsan untuk memberikan pengertian. Bahwa kepemilikan senjata api rakitan tersebut bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Atas penjelasan tersebut ia sadar dan paham tentang hukum atas kepemilikan senjata api rakitan tersebut.

Berita terkait : “Hadiah” Paskah, Warga Serahkan Senjata Rakitan ke Satgas Pamtas

Kemudian Pukul 13:00 Wita, yang bersangkutan dengan sukarela dan tidak ada paksaan menyerahkan senjata api rakitan (Penabur) kepada anggota Pos Tembalang.

“Kegiatan Binter terbatas anggota Pos Tembalang melalui kegiatan anjangsana, bersikap ramah dan sopan atau juga baik-baik dengan rakyat akan mendapat simpatik dari warga sehingga dengan kesadaran dan sukarela meyerahkan senjata api rakitan jenis penabur,” ujar Letkol Inf Sigid Hengki Purwanto. (Satgas Yonif 611/Awl/LVL).

 

(Visited 10 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!