Sukses, Dinsos Kutim Fasilitasi 2 Penyandang Disabilitas ke Jakarta

Berhasil Setelah Ikuti Pelatihan Kemandirian

0 57

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Dua penyandang disabilitas mengikuti pelatihan kemandirian di Jakarta yang difasilitasi Dinas Sosial (Dinsos) Kutim.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinso Kutim dr Ernata Hadi Sujito mengatakan, 2 penyandang disabilitas tersebut berasal dari Kecamatan Bengalon dan Sangkima.

“Mereka dikirim ke tempat pelatihan khusus (Panti) untuk latihan kemandirian, yang kemudian untuk menyambung kehidupan mereka,” ucap dr Ernata, Selasa (13/9/2022).

Ernata menyebutkan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tidak memiliki fasilitas tersebut, Kaltim hanya memiliki panti pelatihan untuk anak-anak jalanan atau gelandangan.

Beberapa Provinsi yang memiliki fasilitas ini di antaranya Jakarta, Yogyakarta, Sulawesi dan Banjarmasin. Nantinya tiap daerah akan mengirimkan peserta ke wilayah tersebut untuk ikut pelatihan.

“Jadi dua orang ini diberikan pelatihan Gerabah dan Orgen yang saat ini sudah berkembang,” papar dr Ernata Hadi Sujito.

Baca Juga :

Selain memfasilitasi pelatihan ke luar daerah, Dinsos Kutim juga telah memberikan modal berupa Mesin Produksi Gerabah dan Orgen.

Gerabah merupakan alat-alat dapur untuk memasak dan sebagainya, yang dibuat dari Tanah Liat dan kemudian dibakar.

“Sementara proses pengolahan Tanah Liat hingga pembakaran tersebut, juga dilakukan dalam proses pembuatan Tembikar,” tuturnya.

Hingga kini pihaknya telah menerima laporan terkini tentang 2 penyandang disabilitas tersebut, sudah bisa menghidupi dirinya sendiri.

“Kita sudah mendapat kabar jika kedua penyandang disabilitas itu sudah bisa mandiri, dan sudah bisa menghidupi dirinya sendiri.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV Diskominfo

Editor : Lukman

(Visited 9 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!