Baru 2 dari 6 Masyarakat Miskin Ekstrim di Kutim Ditemukan

Kasmidi : Dinas Sosial Coba Untuk Telusuri Lagi

0 156

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengatakan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) terdapat di 3 Kecamatan.

Dijelaskan Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kutim Budi Mulia, Kecamatan-Kecamatan tersebut masing-masing, Kecamatan Rantau Pulung, Kecamatan Sangata Utara, dan Kecamatan Sangatta Selatan.

Yang dimaksud dengan kemiskinan ekstrim adalah keluarga tunggal, Lansia, disabilitas dengan pendapatan Rp11.941 per hari.

Orang yang masuk dalam kategori kemiskinan ekstrim, akan mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ekstrim.

Namun berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan Dinas Sosial Kutim, dari 6 orang masyarakat miskin ekstrim, baru dipastikan 2 sesuai kategori, sementara 4 belum ditemukan.

Pertama Kecamatan Rantau Pulung, Desa Margo Mulyo dan Manunggal Jaya, ditemukan satu sesuai kriteria dan satu lainnya tidak ditemukan.

Baca Juga :

Kedua, Kecamatan Sangatta Utara, Desa Sangatta Utara, satu ditemukan sesuai kriteria dan satu tidak ditemukan.

Selanjutnya Kecamatan Sangatta Selatan, Desa Sangatta Selatan belum ditemukan keduanya.

“Oleh karena itu, dari 6 orang baru 2 orang yang dipastikan sebagai masyarakat miskin ekstrim,” tuturnya, Senin (12/9/2022).

Sementara itu, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang meminta Dinas Sosial untuk terus mencari data akurat, sebab ia tak meyakini Kutim menjadi wilayah dengan kemiskinan ekstrim tertinggi di Kaltim.

“Saya memang protes masa Kutim angka kemiskinan tertinggi. Untuk Dinas Sosial coba untuk telusuri lagi.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV Diskominfo

Editor: Lukman

(Visited 7 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!