Sosbang di Lok Bahu, Ketua Fraksi PDIP DPRD Kaltim Tegaskan 4 Konsensus Kebangsaan

Nanda : Empat Konsensus Wawasan Kebangsaan Telah Final

0 154

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dalam upaya meningkatkan rasa nasionalisme di seluruh lapisan masyarakat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah mempunyai peranan penting, dalam rangka mensosialisasikan Wawasan Kebangsaan (Sosbang) ke Wilayah Kabupaten dan Kota seluruh Kalimantan Timur.

Berkenaan dengan hal itu, anggota DPRD Kaltim Ananda Emira Moeis melaksanankan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan kepada masyarakat di Jalan M Said, Gang 10, RT 12, Kelurahan Lok Bahu, Sungai Kunjang, Samarinda, Sabtu (21/1/2023) mulai Pukul 19:30 Wita.

Materi Sosbang ini meliputu 4 Konsensus Kebangsaan, masing-masing Pancasila, UUD RI 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu, juga dengan materi implementasi 4 Konsensus Kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Empat Pilar atau empat Konsensus Wawasan Kebangsaan telah final, dari banyaknya suku bangsa, Indonesia masih tetap aman, tenteram dan damai,” kata Nanda, sapaan akrab politisi PDI Perjuangan ini pada kesempatan itu.

Baca Juga :

Menurut Nanda, 4 pilar kebangsaan tersebut lebih menitikberatkan pada konsep hidup berpancasila, sebab Pancasila sebagai dasar negara merupakan konsep yang telah disusun sedemikian rupa yang menjadi representasi warga negara dan tujuan dalam bernegara.

“Gelaran ini dilaksanakan sebagai bentuk dan upaya meningkatkan rasa nasionalisme di seluruh lapisan masyarakat, dan DPRD Kaltim sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah mempunyai peranan penting dalam rangka mensosialisasikan wawasan kebangsaan ke Wilayah Kabupaten dan Kota se Kaltim,” ujar Ananda.

Nanda mengingatkan, bagaimana warga harus selalu memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), untuk senantiasa menjaga harkat dan martabat bangsa serta memupuk rasa cinta terhadap tanah air.

Kegiatan Sosbang yang digelar ini merupakan kegiatan yang pertama sejak memasuki tahun 2023. Pada tahun lalu kegiatan semacam ini juga telah dilaksanakan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kaltim ini, yang terpilih dari Daerah Pemilihan Samarinda di sejumlah tempat di Samarinda. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL/Adv.DPRD Kaltim

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!