Sambut HUT Ke 72 TNI, Korem 091/ASN Gelar Donor Darah

0 249

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sambut HUT Ke 72 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) gelar bakti sosial donor darah yang dilaksanakan di Big Mall Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (19/9/2017).

Kegiatan donor darah ini diikuti oleh Prajurit, Aparatur Sipil Negara TNI AD, dan ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana, masyarakat yang ada di Big Mall beserta para Wartawan.

Komandan Korem 091/ASN (Danrem) Brigjen TNI Irham Waroihan dalam sambutannya yang di bacakan Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Frenky E Riupassa mengatakan, kegiatan donor darah itu bukan semata-mata karena perayaan HUT TNI saja, namun memang sengaja diselenggarakan guna mempertebal rasa perikemanusiaan dan tanggung jawab antar sesama manusia.

“Saya katakan demikian sebab setetes darah yang disumbangkan kepada orang lain yang membutuhkan sangat berarti untuk pertolongan jiwa manusia, dan  darah yang didonorkan dengan tulus ikhlas, tanpa membeda-bedakan keyakinan, warna kulit, tingkat pendidikan, tingkat sosial, agama dan perbedaan-perbedaan lainnya,” sebutnya.

Kasrem juga mengatakan, tujuan pendonor darah hanya satu, yaitu menyelamatkan jiwa orang lain.

“Ini merupakan manifestasi yang paling nyata dari rasa kemanusiaan yang semurni-murninya,” tegasnya.

Lebih lanjut Danrem mengatakan,  melalui kegiatan donor darah ini, Danrem mengharapkan adanya semangat dan kesadaran dalam diri kita masing-masing akan pentingnya persaudaraan dan saling tolong-menolong antar sesama manusia.

“Semoga melalui kegiatan ini, kita menjadi semakin peka dan semakin peduli akan penderitaan sesama yang membutuhkan,” imbuhnya.

Bertugas dalam pengambilan darah yakni Dankesyah serta Palang Merah Indonesia (PMI). Hasil donor dari ini langsung diserahkan ke PMI guna dapat dipergunakan untuk kebutuhan masyarakat.

Tercatat sebanyak 152 orang yang mendonorkan darahnya. Tetapi hanya 103 yang memenuhi syarat untuk bisa mengikuti donor darah. Hal tersebut dikarenakan pendonor wajib mengisi kuisioner riwayat kesehatan, melaksanakan tensi, dan cek darah terlebih dahulu untuk mendapatkan darah yang sehat.

Baca juga : Senasib Sepenanggungan, Istri Prajurit Korem 091/ASN Gelar Olahraga Bersama

Hadir pada kegiatan tersebut selain Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Frenki  E Riupassa, juga turut hadir Para Kasi Korem 091/ASN, Para Dankabalak dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koordinator Cabang Rem 091 PD VI/Mulawarman Ny Irham Waroihan beserta pengurus, Manager HRD Big Mall Samarinda M Arbain. (Penrem 091/ASN/LVL).

(Visited 3 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!