Rawan Banjir, Ivan Wacanakan Relokasi Gedung Perpustakaan Kaltim

0 50

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA :  “The Right Man In The Right Place” atau orang yang tepat di tempat yang tepat, pantas kiranya disematkan kepada HM Syafranuddin, yang tak menyangka ditempatkan di jabatan baru sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kaltim.

Sebagaimana yang disampaikannya, jabatan baru ini selaras dengan kesukaannya sebagai pencinta dan kolektor buku. Sehingga menjadi tantangan bagi Ivan, demikian nama panggilan dari mantan Karo Humas Pemprov Kaltim tersebut, untuk membuat Perpustakan menjadi tempat representatif yang dapat menarik minat masyarakat.

“Ini mungkin hikmahnya, saya sejak dulu memang suka dengan buku. Bahkan saya sempat sumbang buku ke Perpustakaan pada 3 Februari 2021 silam,” tutur Ivan yang antusias menanggapi jabatan barunya tersebut belum lama ini.

Ia mengisahkan, ia menyumbang  ke Perpustakaan sebanyak 21 buku yang tidak semua orang pernah membaca buku tersebut.

Baca Juga :

“Buku tersebut merupakan buku asli karangan mantan Bupati Kutai, yang telah mengarang bermacam-macam buku, di antaranya tentang Erau,“ bebernya lagi.

Bahkan, lanjutnya, 2  hari sebelum dilantik oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, yang waktu itu ia sendiri tidak tahu akan pindah jabatan untuk mengurusi Perpustakaan dan Arsip Daerah, meminta anaknya untuk menyumbang ratusan buku diantar langsung ke Perpustakaan.

“Berbagai macam buku termasuk buku-buku tentang jurnalistik, semua saya hibahkan ke Perpustakaan, karena tidak sempat mengurusi lagi,“ jelasnya.

Menurut Ivan, langkah tersebut dilakukan karena sayang jika buku-buku tersebut cuma disimpan dI rumah, mending disumbangkan ke Perpustakaan jadi bisa lebih bermanfaat bagi banyak orang.

Mengingat betapa pentingnya Perpustakaan, Ivan berniat untuk mendorong pemindahan lokasi Perpustakaan Daerah Provinsi Kaltim di Jalan Juanda Samarinda, agar lebih representatif mengingat lokasi di kawasan tersebut rawan banjir.

“Insya Allah saya mau galakkan Perpustakaan digitalnya dulu, baru nanti kita mendorong untuk pindah relokasi ke tempat yang aman dari banjir. Saya pernah baca dulu jaman Syafruddin Pernyata sebagai Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kaltim akan pindah gedung, itu akan kita usulkan kembali,“ ungkapnya.

Selain itu, Ivan juga berencana juga akan menggelar kompetisi menulis.

“Langkah ini untuk menghimpun potensi para penulis buku asal Kaltim, yang akan kita ekspos dan beri reward (hadiah).“ pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : @my

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!