Program Pelatihan Pemagangan Disambut Baik Gubernur Kaltim

Isran : Semoga Menjadi Pekerja Yang Handal

0 93

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Gubernur Kaltim Isran Noor membuka kegiatan Pelatihan dan Pemagangan Dalam Negeri di Hotel Midtown, Samarinda, Selasa (25/5/2021) pagi.

Dalam sambutannya, Isran Noor mengatakan menyambut baik dilaksanakannya Program Pelatihan Pemagangan ini, dan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI yang telah mengalokasikan kegiatan Pelatihan Pemagangan bagi pencari kerja melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur.

“Permasalahan ketenagakerjaan merupakan masalah kita semua baik selaku pemerintah, pengusaha, pekerja dan masyarakat. Karena permasalahan ketenagakerjaan tidak mungkin bisa diatasi oleh pemerintah semata, dan harus ditangani secara bersama-sama secara berjenjang dan lintas sektoral,” kata Isran.

Lebih lanjut ia mengatakan, banyaknya pencari kerja yang belum memiliki kompetensi sesuai kebutuhan pasar kerja, harus dicarikan solusi dengan memberikan pelatihan, baik yang dilakukan di Balai Latihan Kerja, maupun di Lembaga Pelatihan Kerja Swasta, yang selanjutnya bisa diberikan sertifikasi kompetensi.

Untuk mengatasi masalah pengangguran, dan sesuai dengan arahan Bapak Presiden RI bahwa pada tahun 2019 adalah merupakan tahun pengembangan Sumber Daya Manusia, dan ini tentunya searah dengan Misi Gubernur  Kalimantan Timur yang salah satunya adalah Berdaulat dalam membangun sumber daya manusia yang berakhlak mulia dan berdaya saing, terutama perempuan, pemuda, dan disabilitas.

“Seiring dengan ditetapkannya Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara Baru, tentu akan banyak membutuhkan tenaga kerja yang kompetitif dan terampil, untuk itu mendorong semua pihak di Kalimantan Timur untuk terus fokus dalam mempersiapkan SDM yang handal dan profesional,” kata Isran lebih lanjut.

Program Pelatihan Pemagangan Dalam Negeri seperti ini, lanjut dia, yang melibatkan perusahaan dan lembaga pelatihan tentu menjadi hajat mendesak, strategis dan harus terus dilaksanakan di semua sektor pekerjaan dan keahlian

“Kepada para peserta yang akan mengikuti Program Pelatihan Pemagangan ini, saya ucapkan selamat mengikuti, dan semoga menjadi pekerja yang handal dan sukes dalam meniti karir,” tandas Isran.

Berita terkait : Diikuti 512 Peserta, Disnakertrans Kaltim Gelar Pelatihan dan Pemagangan

Kegiatan Pelatihan dan Pemagangan Dalam Negeri ini diikuti 512 orang. Tujuannya untuk memberikan bekal keterampilan kepada peserta pelatihan melalui kerja nyata di perusahaan, sehingga para peserta dapat terlibat langsung proses produksi dan jasa di tempat kerja.

“Diharapkan pada akhir program mereka sudah memiliki kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh pengguna tenaga kerja, dan selanjutnya peserta nanti dapat ditempatkan sesuai kompetensinya masing-masing,” jelas Kepala Disnakertrans Kaltim Suroto. (DK.Com)

Penulis : LVL

(Visited 11 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!