Polres Kutim Musnahkan 2.260 Botol Miras Jelang Natal dan Tahun Baru

0 55

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Polres Kutai Timur (Kutim) melakukan pemusnahan ribuan botol minuman keras (Miras) berbagai jenis di halaman Mapolres Kutim, Kamis (19/12/2019).

Pemusnahan tersebut sebagai tanda dimulainya Operasi Lilin Mahakam 2019, dalam rangka pengamanan libur Natal dan Tahun Baru yang dilakukan dengan cara dilindas menggunakan alat berat.

Miras-miras itu diperoleh dari hasil operasi penyakit masyarakat (Pekat) yang digelar jajaran Polres dan Polsek, dalam kurun waktu Agustus-Desember 2019.

“Total Miras yang dimusnahkan berjumlah 2.260 botol dari berbagai jenis dan merek,” kata Kapolres Kutim, AKBP Indras Budi Purnomo usai pemusnahan.

Dikatakannya, selama ini Miras menjadi sumber berbagai tindak kriminalitas yang terjadi di Kabupaten Kutim. Meski dilakukan operasi dan penyitaan setiap tahunnya, Miras selalu muncul. Oleh karenanya, Polres Kutim tak henti-hentinya melakukan Operasi Pekat dengan mendatangi warung-warung yang menjadi tempat penjualan Miras. Tujuannya, demi menciptakan kondusifitas wilayah dan memberikan rasa aman bagi masyarakat.

“Kami sita untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan akibat menenggak Miras. Terlebih pada momentum libur Natal dan Tahun Baru ini, sehingga diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan liburan dengan nyaman dan aman,” ujarnya.

Indras memaparkan, Miras yang dimusnahkan sebanyak 2.260 botol yang terdiri dari 1.020 botol Bir putih besar merk Bintang, 321 botol Bir hitam kecil merk Guiness, 10 botol Bir merk Prosst, 85 botol Bir besar merk Guiness, 15 Bir merk Bintang Singa Raja, 408 botol Bir putih kecil, 62 botol Bir merk Bintang, 194 Bir Hitam besar merk Guiness, 2 Dus Alkohol, 25 botol Mention House, 7 botol Anggur Merah Cap Orang Tua, 12 botol Anggur Kolesom, 5 botol Topi Miring, 200 Liter Cap Tikus, 96 botol Bir Heineken besar.

“Minuman keras bisa timbulkan tindakan kontraproduktif saat tahun baru ataupun Natal nanti. Kami tak ingin mereka melakukan tindakan yang tak diinginkan. Maka dari itu kami musnahkan ribuan botol Miras hari ini,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : RH

Editor   : Lukman

(Visited 9 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!