Pilkada Balikpapan, Ketua KPU Sosialisasi di SMK Negeri 3

0 41

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : SMK Negeri 3 Balikpapan mendapat kunjungan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan dalam rangka kegiatan sosialisasi pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan tahun 2020, Senin (27/1/2020).

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha menjelaskan akan pentingnya berdemokrasi yang tujuannya untuk mencari kepemimpinan, melalui Pemilu yang menjadi bagian dari perwujudan demokrasi.

“Masyarakat Balikpapan akan dihadapkan dengan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 23 September 2020, dimana masa periode Wali Kota dan Wakil Wali Kota sudah selesai dan akan dilakukan Pilkada untuk mendapatkan pemimpin baru yang berintegritas, jujur, dan mampu bekerja untuk kemajuan Balikpapan,” kata Noor Thoha dalam amanatnya saat menjadi pembina upacara pengibaran bendera di sekolah tersebut.

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang sekarang, kata Thoha lebih lanjut, tidak sama dengan pemilihan kepala daerah yang dulu. Kalau yang dulu pemilihan langsung dipilih anggota DPRD, sekarang melalui suara rakyat langsung dengan cara memilih mengikuti persyaratan dalam Pemilu.

“Pemilih pemula yang usianya sudah beranjak 17 tahun untuk segera mengurus E KTP agar dapat mengaspirasikan suaranya, untuk Pilkada Balikpapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” imbuh Noor Thoha.

Untuk pemilih pemula, masih kata Noor Thoha, sangat besar jumlahnya yang diharapakan untuk terlibat langsung dalam pelaksanaan Pilkada ini, bukan hanya menjadi peserta pemilih saja tapi pemilih pemula juga bisa ikut terjun langsung menjadi pengurus di tingkat kecamatan dan tingkat kelurahan, pada saat KPU membentuk badan adhock. Dan siswa-siswi harus memahami apa itu petugas PPK dan PPS serta KPPS.

“Petugas-petugas inilah yang membantu tugas KPU di lapangan pada saat sebelum dimulainya Pilkada, sampai berakhirnya Pilkada,” tandas Noor Thoha. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!