Peringati HMPI, Dishut Kaltim Berharap Gubernur Hadir Saat Tanam Ribuan Pohon

0 62

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon, Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Timur akan melakukan penanaman pohon di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kegiatan penanaman yang dijadwalkan bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh pada tanggal 28 November itu, berlokasi di Desa Saliki, Kecamatan Muara Badak.

Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan Bidang Pengelolaan Das dan RHL Apriansyah mengatakan, aksi penanaman pohon ini melibatkan kelompok tani, masyarakat peduli hutan di sekitar Saliki, dan semua Organisasi Perangkat Daerah di bawah ruang lingkup Dinas Kehutanan juga akan ambil bagian pada penanaman tersebut. Selain itu pihaknya juga menjadwalkan kehadiran Gubernur Kaltim Haji (H) Isran Noor untuk melakukan penanaman langsung di lokasi.

“Kegiatan penanaman akan dijadwalkan pada 20 November, kami melibatkan semua OPD, kelompok tani, masyarakat sekitar dan seluruh OPD di bawah ruang lingkup Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim. Dan kami juga sedang mengupayakan kehadiran bapak Gubernur untuk melakukan penanaman bersama kami,” ujar Apriansyah saat disambangi DETAKKaltim.Com di ruangannya, Kamis (14/11/2019).

Lebih lanjut Apriansyah mengatakan, jumlah yang akan ditanam nanti 2.000 sampai 5.000 bibit pohon. Karena di daerah tersebut merupakan daerah kawasan Mangrove, pihaknya akan menanam Pohon Mangrove, sementara di darat akan ditanami bibit buah-buahan dan bibit tanaman yang produktif.

“Tanaman Mangrove ini kan fungsinya banyak, terutama untuk memecah ombak. Selain itu untuk pemijahan Ikan maupun Kepiting. Yang di sekitar lokasi belum ada Mangrove kita tanaman Mangrovenya agar berfungsi untuk pemijahan hewan-hewan, sementara di darat kita tanami tanaman yang produktif,” jelasnya. (DK.Com).

Penulis : Amin Gladis

Editor   : LVL

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!