Penuhi Kebutuhan Pangan IKN, Samsun Dorong Petani Kukar Distimulan

Samsun: Pasar Sudah di Depan Mata

0 139

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun menuturkan, sebanyak 4,5 juta penduduk baru yang akan menduduki Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, masing-masing perlu dipenuhi kebutuhan pangannya.

Dimana menurut legislator asal PDI Perjuangan itu, yang dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat kelak pastilah Petani dari Kalimantan.

“Penduduk baru yang akan menduduki IKN mereka masing-masing bawa perut, perut itu harus diisi. Yang isi siapa? pastinya Petani-Petani kita di Kalimantan ini. Produksinya ya harus ditingkatkan lagi, supaya apa? biar memenuhi kebutuhan pokok,” ucapnya, Sabtu (11/2/2023).

Dari segi prospek, sambung Samsun, pasar telah berada tepat di depan mata. Oleh karenanya, hal ini kembali lagi kepada masyarakat Benua Etam, untuk terus dapat berupaya memenuhi kebutuhan pasar.

“Kalau dari prospek, ini pasar sudah di depan mata, tinggal kita saja yang bisa memenuhi kebutuhan pasar atau tidak,” bebernya.

Baca Juga:

Politisi yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kutai Kartanegara (Kukar) itu menilai, dari segi kesiapan, Kukar adalah daerah yang sangat siap untuk memenuhi kebutuhan pangan di IKN.

“Kita lihat Kukar, mereka lebih siap untuk menyiapkan kebutuhan pangan di IKN. Kalau di Balikpapan kan karena luas wilayahnya, kemudian di Samarinda juga sebagian ada wilayah Pertaniannya. Sedangkan Kukar, lahannya masih sangat luar biasa,” urai Samsun.

Petani Kukar didorong politisi Karang Paci itu untuk terus distimulan agar ke depan lebih produktif, untuk memenuhi kebutuhan dalam IKN. Potensi lahannya juga harus dikembangkan, mengingat kondisinya yang subur dan dekat dengan wilayah perkotaan.

“Tinggal Petani kita distimulasi untuk supaya mereka lebih produktif, memenuhi kebutuhan IKN. Karena Pertanian ini yang paling penting, paling dominan, terlebih potensi lahan yang luas memungkinkan sekali untuk dikembangkan Pertanian, kemudian lahannya juga subur dan dekat dengan kota.” tutup Samsun. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa/Adv.DETAKKaltim.Com

Editor: Lukman

(Visited 4 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!