Pelantikan Ketua DPRD Kaltim Digelar di Hotel

Samsun : Gedung Kami Rusak

0 130

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengatakan Pelantikan Ketua DPRD Kaltim dari Makmur HAPK ke Hasanuddin Mas’ud tetap akan terlaksana, meski Putusan Pengadilan Negeri Samarinda nomor 02/Pdt.G/2022/PN.Smr sudah keluar tanggal 6 September 2022 lalu.

Hal itu disampaikan politisi PDIP itu usai memimpin Rapat Paripurna Ke-35 Masa Sidang III Tahun 2022, di Gedung D Komplek DPRD Kaltim, Samarinda, Jum’at (9/9/2022).

Samsun menjelaskan, DPRD Kaltim hanya melaksanakan dan mengikuti perintah Kementerian Dalam Negeri RI saja. Meski demikian, pihaknya telah menghargai Putusan PN Samarinda.

“Kita sudah menerima surat tembusan yang ditujukan untuk pimpinan dewan, kita hargai Keputusan itu. Bukan tidak perlu direspon, kami respon tapi ini tidak mempengaruhi proses. Karena, kita mengikuti perintah Kemendagri,” bebernya.

Menurut Samsun, Putusan itu belum inkracht karena masih ada upaya hukum Banding.

“Silahkan Keputusannya disampaikan. Artinya, ada Banding lagi, jadikan belum inkracht. Nanti kalau sudah inkracht silahkan sampaikan ke Kemendagri agar Pusat yang merubah Putusan itu, kita Paripurna lagi dan dilantik lagi,” sambungnya.

Baca Juga :

Pelantikan pengalihan Ketua DPRD Kaltim dari Makmur HAPK ke Hasanuddin Mas’ud akan digelar di Hotel Mercure, Kota Samarinda pada tanggal 12 September 2022. Samsun kemudian menjelaskan alasan pelantikan ini terlaksana di Hotel, bukan di Gedung B DPRD Kaltim.

“Gedung kami masih dalam tahap atau proses perbaikan, tidak lazim jika kita mengundang orang banyak nanti bisa runtuh dan malah membahayakan banyak orang yang hadir,” terangnya.

Samsun yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kutai Kartanegara menegaskan, Rapat Paripurna di Hotel Mercure bukan pertama kali dilakukan. Sebab sebelumnya, DPRD Kaltim juga pernah melaksanakan Rapat Paripurna terkait HUT Kaltim di Hotel Mercure pada tanggal 7 Januari 2022 lalu.

“Bukan kali ini saja rapat di Hotel, bukan masalah rapat di Hotelnya. Tapi mencari ruang yang cukup untuk menampung banyak orang. Karena gedung kami rusak, kalau gedung kami baik pasti akan dilaksanakan di Gedung DPRD. Yang penting masih di wilayah Kaltim pelantikannya.” jelas Samsun menandaskan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Adt/LVL

Editor  : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!