Pelantikan Dihadiri Wabup, Asti Mazar Resmi Nakhodai LPAI Kutim

Minta Pengurus Tidak Manfaatkan Organisasi Untuk Kepentingan Pribadi

0 40

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Pengurus Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Kutai Timur (Kutim) yang dinakhodai Asti Mazar Bulang, resmi dilantik untuk masa bakti 2022-2027. Pelantikan berlangsung di Ruang Meranti, Pemerintah Kabupaten Kutim, Senin (27/2/2023).

Asti Mazar Bulang, Ketua LPAI Kutim. (foto: HB)
Asti Mazar Bulang, Ketua LPAI Kutim. (foto: HB)

Kegiatan pelantikan LPAI Kutim turut dihadiri Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutim Arfan, serta beberapa anggota DPRD Kutim.

Dalam sambutannya, Asti Mazar Bulang mengatakan LPAI Kutim hadir sebagai lembaga independen yang secara aktif melaksanakan kegiatan dalam hal pemenuhan hak-hak anak.

“Ketika saya diberikan amanah sebagai Ketua LPAI Kutim, saya harus membuka dulu profil dari LPAI itu sendiri. karena saya melihat tugas dan tanggung jawab ini, bukan perkara mudah,” ucap Asti Mazar Bulang yang juga sebagai Wakil Ketua 1 DPRD Kutim.

Menurut Asti Mazar, tugas dan tanggung jawab dibutuhkan kerja keras dan kerja sama semua pihak.

“Diisi oleh pengurus-pengurus yang memiliki semangat juang yang luar biasa, kita jangan ada kepentingan pribadi atau mencari keuntungan pribadi di dalamnya,” ujar Asti Mazar.

Baca Juga:

Asti Mazar mengaku LPAI merupakan organisasi sosial, organisasi kemasyarakatan, organisasi kemanusiaan, yang harus diisi pengurus yang punya empati luar biasa.

“Saya melihat orang-orang yang mengisi LPAI Kutim saat ini memiliki sumbangsih pemikiran, tenaga dan waktu, bahkan materi juga mereka sumbangkan dalam hal penanganan pendampingan kasus demi kasus yang terjadi di Kutim,” tambahnya.

Astipun berpesan kepada seluruh pengurus, agar dalam berorganisasi tidak memanfaatkan organisasi untuk kepentingan pribadi.

“Saya berpesan kepada seluruh pengurus, kita jangan berpikir apa yang diberikan organisasi kepada kita. Tetapi kita harus berpikir apa yang kita berikan kepada organisasi ini, jangan memanfaatkan organisasi untuk kepentingan pribadi,” sebutnya.

Pembina LPAI Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Syahrir Basran menyampaikan, kepada seluruh jajaran pengurus LPAI Kutim yang baru dilantik agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Mudah-mudahan ke depannya bisa melaksanakan tugas-tugas sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan ini dengan sebaik-baiknya, dalam rangka memenuhi hak-hak perlindungan anak,” ujarnya.

Syahrir juga berharap, Pemerintah Kabupaten Kutim dapat memberikan bantuan perhatian kepada LPAI Kutim sesuai kemampuan daerah.

“Dengan adanya feedback Pemerintah Daerah dapat lebih mendukung LPAI Kutim dalam melakukan tugas-tugas organisasinya, sekaligus melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaannya dalam mewujudkan Kabupaten Kutai Timur sebagai kabupaten layak anak,” harapnya.

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang dalam sambutannya mengaku, sangat bangga ada satu lembaga dengan tujuan dan fungsi utamanya melakukan pembinaan anak.

“Karena organisasi ini bukan organisasi yang main-main, namun ini adalah organisasi kemasyarakatan, sosial, dan kemanusiaan yang diisi oleh pengurus yang benar-benar memiliki empati yang luar biasa,” sebutnya.

Orang nomor dua Kutim itupun berharap dengan adanya lembaga perlindungan untuk anak, ke depannya tak ada lagi kasus kekerasan baik kekerasan fisik maupun kekerasan seksual.

“Ini yang perlu disosialisasikan ke depannya agar semua menjadi benteng pertahanan untuk anak-anak, kita tidak ingin ada kejadian-kejadian seperti yang sudah-sudah. Ada beberapa kasus kekerasan anak. Saya berharap nantinya tak ada lagi terlihat Anjal (Anak Jalanan), itu semua perlu pembinaan dan pendampingan.” tutup Kasmidi. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB

Editor: Lukman

(Visited 15 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!