Peduli Korban Gempa dan Tsunami, PKPU HI Kaltim Terjunkan Tim Ketiga

0 50

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : PKPU Human Initiative (HI) Kaltim memberangkatkan tim ketiga menuju ke Palu melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Jum’at (5/10/2018).

Sebelumnya tim pertama berangkat Sabtu (29/9/2018) dan tim kedua berangkat Senin (3/10/2018). Keberangkatan tim ketiga ini dalam rangka melakukan assesment lanjutan kebutuhan warga terdampak gempa dan tsunami di Donggala dan Palu.

Kepala Cabang PKPU Human Initiative Kaltim Hidayatullah yang melepas tim ketiga menuju bandara menjelaskan, secara bertahap PKPU Human Initiative Kaltim mengirimkan timnya untuk melakukan aksi di Palu dan Donggala.

“Sebagai salah satu wilayah yang terdekat dengan lokasi bencana, pengiriman relawan segera dilakukan mengingat penanganan membutuhkan banyak dukungan di berbagai lini. Secara bertahap tim diturunkan, tim pertama dengan keahlian SAR terlibat aktif melakukan evakuasi, hingga saat ini telah menemukan 20 jenazah di daerah Mamboro salah satu lokasi yang terdampak sangat parah. Tim kedua menyusul dan berkoordinasi lanjutan dengan satuan petugas Posko Makorem, serta turut mendukung dimulainya proses distribusi logistik dari Donggala menuju Sigi. Tim ketiga kembali diberangkatkan untuk mendukung assesment lanjutan kebutuhan dan pelaksanaan aksi di posko utama PKPU HI, maupun wilayah pelaksaan program,” jelas Hidayatullah.

Seperti diketahui sebelumnya gempa dan tsunami yang menimpa Palu dan Donggala pada hari Jum’at (28/9/2018) mengakibatkan banyaknya korban meninggal dunia, dan sebagian belum ditemukan sehingga perlu dilakukan evakuasi sesegera mungkin. Tim Respon Cepat PKPU Human Initiative yang tiba pada hari itu juga langsung melakukan Assesment dan evakuasi korban. Hingga saat ini total ada 22 relawan PKPU Human Initiative yang turun langsung di Palu dan Donggala terdiri dari tim evakuasi, tim medis dan tim distribusi. (***/LVL)

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!