Pansus IP Temukan Indikasi Aktivitas Hauling Gunakan Jalan Umum

Udin: Sangat Miris

0 156

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Panitia Khusus (Pansus) Investigasi Pertambangan (IP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim mengungkapkan temuan yang meresahkan, ketika melakukan investigasi dalam upaya meminimalisir tambang ilegal.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Pansus IP DPRD Kaltim Muhammad Udin, yang resah dengan temuan indikasi aktivitas jalan hauling yang menggunakan jalan umum.

Hal itu menurutnya serupa dengan temuan di Jalan Poros Tenggarong menuju Kota Bangun, yang diketahui mulai alami kerusakan, diakibatkan dari ratusan truk hauling Batubara yang jalan beriringan.

“Sangat miris ketika mereka juga beroperasi pada siang hari,” terang Udin, Jum’at (31/3/2023).

Baca Juga:

Kemudian, ia juga membeberkan bahwa banyak jalan poros lainnya yang masih mengalami kerusakan karena aktivitas yang sama. Seperti jalan menuju Kutai Barat, dan di Berau.

Sebab itu, ia sangat geram ketika mengetahui Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) Kaltim yang selalu dianggarkan untuk perbaikan infrastruktur, begitu saja dirusak akibat kegiatan hauling.

“Kita selalu menganggarkan untuk perbaikan jalan, kemudian dirusak karena kegiatan seperti itu. Apalagi aktivitasnya juga, tidak memberikan keuntungan bagi daerah,” ujarnya.

Ia menaruh harapan besar agar Pemprov Kaltim mampu bekerja sama membasmi aktivitas Tambang ilegal di Kaltim, agar kemudian tidak menjadi keresahan Benua Etam yang terus berulang. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor: Lukman

(Visited 3 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!