Non APBD, Multiplier Effect  Event Pemuda Pra KTT III Y20

Agus : Keuntungan Bagi Kaltim dan Indonesia

0 97

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sebagai Provinsi yang menjadi tuan rumah, maka Kalimantan Timur akan mendapatkan multiplier effect dari penyelenggaraan Pra Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT)  III Y20 di Kota Balikpapan. Hal ini karena delegasi yang datang bukan cuma dari Indonesia saja, tapi dari negara-negara lain yang akan datang langsung merasakan pengalaman di  Balikpapan dan Kalimantan Timur.

Seperti yang dijelaskan Head  Of Program IY20 Mujab, melalui berbagai macam kegiatan. Misalnya saja pada saat opening ceremony, kita banyak menampilkan video-video atau menunjukkan tentang keanekaragaman yang dimiliki Kalimantan Timur.

“Kemudian di hari Kedua kita kan  field trip (karya wisata) ke beberapa lokasi, yang tujuannya adalah mengenalkan Kalimantan Timur pada delegasi yang datang,“ urai Mujab saat menggelar Konferensi Pers persiapan kegiatan tersebut di Samarinda, Sabtu (14/5/2022).

Ia berharap akan ada cerita-cerita yang dibawa oleh delegasi yang datang ke Kalimantan Timur, terkait dengan pengalaman yang didapat selama kegiatan Pra-KTT III Y20 di Kalimantan Timur.

“Indonesia adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang ikut, oleh karena itu kita juga memberikan kesempatan kepada negara-negara di Asia Tenggara lainnya sebagai observer atau pengamat. Ada Malaysia, Thailand, Vietnam, Timor Leste dan lainnya,” ungkapnya.

Sebagai pengamat, lanjut Mujab, akan ada rekomendasi kebijakan yang harus disuarakan. Kita butuh  juga perspektif dari organisasi-organisasi internasional seperti WTO (World Trade Organisation), Uni Eropa, serta Asosiasi Negara-Negara di Afrika.

Baca Juga :

Begitu juga untuk peserta disabilitas, menurut Mujab, akan diakomodir dengan disediakan kemudahan komunikasi. Misal dengan alat penerjemah text bagi penyandang tuna rungu, serta juru bahasa isyarat.

Agus Tianur Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kaltim menambahkan, jika adanya even para pemuda (youth) ini, tidak hanya untuk kepentingan lokal saja. Tapi juga untuk kepentingan internasional, yakni untuk kepentingan dunia yang akan diawali di Kalimantan Timur.

“Even ini, tidak akan sukses tanpa ada dukungan dari pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Pemerintah Kota Balikpapan, dan tentulah Local Chapter East Kalimantan juga media lokal, “ ujar Agus menimpali.

Seraya menjelaskan jika Dispora Kaltim, diamanahkan untuk mengkoordinir kerja sama dengan OPD dan stake holder yang  menjadi bagian dari Pemerintah Provinsi Kaltim.

“Terlebih even ini non APBD, melainkan dukungan sponsorship mitra Pemerintah Pusat serta Pemerintah Daerah. “ tutupnya.

Even Pra-KTT Y20 akan berlangsung dari tanggal 21 – 22 Mei 2022, diikuti oleh 100 peserta. Direncanakan akan dibuka Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Siti Nurbaya, serta Gubernur Kaltim Isran Noor. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : @my

Editor   : Lukman

(Visited 3 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!