Nilai Kesempatan Langka, Dispora Kaltim Dukung Pra KTT III Y20

Agus : Persiapan Telah 90 Persen

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Indonesian Youth Diplomacy (IYD) adalah tuan rumah resmi untuk Y20 Indonesia 2022, sesuai Surat Keputusan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

IYD adalah organisasi non-profit kepemudaan yang secara aktif berkontribusi dalam memfasilitasi pemberdayaan inklusif bagi pemuda-pemudi Indonesia, untuk menyuarakan pemikiran yang kritis serta berpengaruh di tingkat nasional dan internasional.

IYD melakukan rekrutmen delegasi Indonesia untuk KTT Y20 sejak 2010. IYD adalah Focal Point Bidang Kepemudaan untuk Sherpa G20 Republik Indonesia.

Dimana puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20 Indonesia, akan dilaksanakan di Jakarta dan Bandung pada tanggal 17-24 Juli 2022.

Sebelum itu, diadakan Pra-KTT di 4 kota berbeda di Indonesia dengan tema yang juga berbeda, yaitu:

  • Pra-KTT I tanggal 19-20 Maret 2022 di Palembang

(Tema : Ketenagakerjaan Pemuda)

  • Pra-KTT II tanggal 23-24 April 2022 di Lombok

(Tema : Transformasi Digital)

  • Pra-KTT III tanggal 21-22 Mei 2022 di Balikpapan

  (Tema : Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni)

  • Pra-KTT IV tanggal 18-19 Juni 2022 di Manokwari

(Tema : Kebergaman dan Inklusi)

Pemilihan Kota Balikpapan sebagai salah satu tuan rumah Pra-KTT III Y20 Indonesia, karena Balikpapan dinilai sebagai salah satu kota besar yang berada di Provinsi Kalimantan Timur.

Terlebih kota masa depan ini juga akan menjadi salah satu penyangga Ibu Kota Negara Nusantara, yang merupakan salah satu kota percontohan di Indonesia berprestasi dengan pelestarian lingkungan.

Inilah yang mendasari dipilihnya Balikpapan sebagai tuan rumah Pra-KTT III untuk tema “ Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni”.

Baca Juga :

Pemilihan tema ini adalah karena untuk memastikan planet bumi yang berkelanjutan dan layak huni menjadi tugas bagi kita semua, karena saat ini kita sekarang berada di tengah berbagai krisis.

Masalah ini sangat relevan bagi kaum muda, karena mereka akan mendiami planet ini setelah generasi yang lebih tua. Untuk itulah kenapa pemuda memiliki peranan penting dalam keberlangsungan planet ini, di masa depan.

Dipilihnya Kaltim sebagai tuan rumah disambut baik Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Kaltim Agus Tianur.  Ia mengatakan bangga atas dipilihanya Kaltim, sebagai salah satu tempat Pra KTT Y20 Indonesia.

Menuruntya, ini adalah sebuah kepercayaan dan kesempatan langka yang hanya akan ada satu hingga dua dekade ke depan.

Apalagi topik yang di bahas memiliki relevansi bagi Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur,” ujar Agus mengungkapkan rasa bangga di hadapan awak media saat menggelar Konferensi Pers di Aula Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim, Sabtu (14/5/2022)

Lanjutnya lagi, sebagah tuan rumah ia berkeinginan agar kegiatan ini bisa berjalan dengan sukses.

“Kami upayakan menjalankan amanah tersebut dengan baik,“ kata Agus optimis

Agus mengucapkan terima kasih terhadap organisasi Lokal Capter dan IYD Pusat yang telah membangun komunikasi maksimal dengan Dispora Kaltim, sehingga jelang hari-H persiapan telah capai 90%. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : @my

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.