Musim Hujan Tiba, Kepala UPT Puskesmas Sotek Minta Waspada

0 292

DETAKKaltim.Com, PPU : Ketika curah hujan cukup tinggi seperti sekarang ini, akan berpotensi memicu munculnya penyakit Demam Berdarah Dengeu (DBD) yang menyabkan kematian jika lambat ditangani.

Menyikapi kondisi ini, H Sudarman Kepala unit pelaksana teknis (UPT) Puskesmas Sotek Kecamatan Penajam Kebupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, saat dijumpai Wartawan DETAKaltim.Com  di ruang kerjanya berharap, agar masyarakat waspada dan menjaga kebersihan lingkungan di rumahnya masing-masing.

H.Sudarman.
H.Sudarman (foto:Amran)

“Jangan membiarkan genangan air hujan di bak mandi terlalu lama, bersihkan kaleng-kaleng kosong yang ada di sekitar lingkungan rumah,” ucap Sudarman, Rabu (2/11/2016).

Dia juga menghimbau warga agar melakukan gerakan 3M yaitu Menutup, Menguras dan Mengubur sampah atau kaleng-kaleng bekas, yang menjadi tempat sarang nyamuk Aedes aegypti pembawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah.

Selain menghimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya, Sudarman juga mengatakan pihaknya selalu berjaga jika ada kasus DBD yang muncul.

“Kami selalu siaga 24 jam dan selalu mengantisipasi wabah demam berdarah,” beber Sudarman.

Menurutnya, sampai saat ini pasien  penyakit demam berdarah belum ada yang dirawat di Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Sotek.

Sementara dari sepuluh penyakit yang sering ditangani di UPT Puskesmas Sotek, penyakit saluran pernafasan (ISPA) masih jadi peringkat satu, ujarnya. (Amran)

 

(Visited 46 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!