Mengais Batubara Sisa Muatan, ABK KM Semoga Jaya Jatuh dan Tenggelam

0 206

DETAKKaltim.Com, ANGGANA :  Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Kaltim-Kaltara Gusti Anwar Mulyadi melalui Kasie Ops dan Siaga Octavianto menyampaikan telah terjadi kecelakaan air di Sungai Mahakam, Desa Sungai Mariam, Kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara, Senin (11/6/2018) sekitar Pukul 08:00 Wita.

Informasi ini, menurut Octa diterima dari Simon, KP3 Samarinda sekitar Pukul 21:20 Wita. 1 orang korban bernama Hamri Bin Hassi (31) yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) KM Semoga Jaya, yang beralamat di Dusun Sinono, Desa Arabua, Kecamatan Tubbiyamakano, Kabupaten Polewali, Mandar, Sulawesi Barat, dikabarkan kini dalam pencarian akibat terjatuh dan tenggelam ke dalam sungai.

Kronologis peristiwa naas ini dijelaskan Octa bermula saat KM Semoga Jaya merapat di Tongkang kosong, yang berlayar dari Balikpapan untuk membersihkan sisa loading Batubara.

Nuryadi, juragan kapal beserta 3 orang ABK termasuk korban naik ke Tongkang untuk mengambil Batubara sisa. Sekitar Pukul 08:00 Wita korban turun untuk mengambil air minum, tidak lama setelah turun di kapal terdengar suara teriakan minta tolong.

“Korban sudah tercebur di air dengan posisi tangan korban minta tolong, kemudian tidak lama korban timbul tenggelam selama 3 kali, korban langsung hilang terseret arus,” jelas Octa melansir keterangan saksi.

Berdasarkan keterangan saksi Nuryadi, Juragan KM Semoga Jaya dan Irham ABK KM Semoga Jaya, ciri- ciri korban antara lain tinggi kurang lebih 164 cm, badan sedang, rambut pendek lurus, baju kaos lengan panjang jemper kuning hitam, dan memakai celana pendek.

Atas laporan tersebut, jelas Octa lebih lanjut, dengan menggunakan Truk Personil, Rubber Boat, Speed Polairud Samarinda, dan Speed Lanal Anggana, Tim SAR bergerak menuju ke lokasi kejadian sekitar Pukul 21:36 Wita dengan melibatkan Unit Siaga SAR Samarinda, Polairud Samarinda, Polairud Polres Kukar, Lanal Anggana, dan warga. (LVL)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!