Malam Pergantian Tahun, Bupati Kukar Ungkap Capaian Pembangunan 2022

Edi : Ada Tren Positif

0 82

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA : Menjelang pergantian tahun, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menggelar Press Release terkait capaian pembangunan daerah tahun 2022 yang digelar di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Sabtu (31/12/2022) malam.

Edi Damansyah mengatakan, ada beberapa capaian Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2022. Di antaranya, Predikat B untuk Indeks Reformasi Birokrasi, Opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2021, serta Predikat A Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik Lingkup Disdukcapil.

Selain itu, lanjut Edi, ada beberapa penghargaan baik di Tingkat Provinsi Kaltim, nasional, dan regional. Di antaranya, untuk Tingkat Provinsi Kaltim. Terbaik 1 Kategori Kabupaten Penghargaan Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Holtikultura, sedangkan Tingkat Nasional dan Regional, Terbaik 3 Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Kategori Kabupaten Kawasan Tengah Indonesia.

Untuk realisasi investasi tahun 2022 sejumlah Rp9,78 Trilyun dengan jumlah investor sebanyak 227, dengan jumlah tenaga kerja Indonesia 8.802 orang serta tenaga kerja asing 52 orang.

“Hal itu dikarenakan kondusifitas iklim investasi tahun 2022, mampu menarik daya saing investasi dan membuka lapangan kerja baru di sektor formal,” jelas Edi.

Edi juga mengungkapkan, ada tren positif terkait peningkatan kerja sama antar daerah, Perguruan Tinggi dan dunia usaha. Terlihat dari adanya 36 MoU kerja sama daerah yang dilaksanakan, terdiri dari kerja sama antar daerah perguruan dengan 5 Kabupaten/Kota bertetangga, 10 Universitas/PT, 5 pihak ketiga Non Daerah Kementerian, 9 PKS perangkat daerah dan 7 kerja sama sinergi Lembaga Kementerian.

Baca Juga :

Selain itu, juga ada penguatan Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) dalam proses pembangunan daerah, yang meliputi 13 dokumen integrasi program kemiskinan bersama TJSP.

Pendapatan hasil kerja sama pemanfaatan aset daerah juga disebutkan mengalami peningkatan. Pada tahun 2021 sebesar Rp2.019.164.000,- sedangkan tahun 2022 mencapai Rp5.846.160.137,-.

“Jadi ada tren positif dari beberapa capaian pembangunan daerah, di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2022.” tandas Edi. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Alim

Editor   : Lukman

(Visited 3 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!