Malam Hari, Disdamkar dan Relawan SAR Gelar OTT di Kuburan Muslimin

 Poli : Kendalanya Karena Areal Pemakaman Sangat Padat

0 313
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Warga dan peziarah resah dengan adanya Tawon jenis Tabuan yang bersarang di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Jalan KH Abul Hasan, Kecamatan Samarinda Kota, Kelurahan Pasar Pagi.

Merespon keresahana warga dan peziarah, tim gabungan yang terdiri dari Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Samarinda bersama relawan Samarinda Animal Rescue (SAR) melakukan Operasi Tangkap Tawon (OTT), Rabu (4/11/2020) malam.

Padatnya pemakaman membuat akses jalan jadi terbatas. Terlebih evakuasi di malam hari yang minim peneranganan, membuat Tim OTT kesulitan mencapai Sarang Tawon ini.

“Kami mendapat laporan ada Sarang Tawon yang meresahkan para warga dan peziarah, jadi untuk mengantisipasi adanya korban kami segera melakukan OTT. Kendalanya karena areal pemakaman sangat padat, kami sedikit kesulitan untuk menuju titik Sarang Tawon dan juga saat malam maka sangat gelap,” kata Poli Rahman, Korwil Posko 1 Disdamkar kepada DETAKKaltim.Com.

Setibanya di lokasi dengan berbagai peralatan, tim menemukan titik sarang yang terdapat di sekitar nisan salah satu makam dengan ukuran yang cukup besar. Setelah sekitar setengah jam, akhirnya tim berhasil mengevakuasi Sarang Tawon yang sengatannya diketahui sangat berbahaya itu.

Baca juga : Animal Rescue Bertindak, Rumah Mewah di Alaya Digerogoti Rayap

“Sarangnya tepatnya berada tidak jauh dari batu nisan salah satu makam dan ukuran sarangnya cukup besar, untuk proses evakuasinya sekitar 30 menit,” lanjut Poli.

Petugas berpesan jika ada hal serupa, agar warga aktif memberikan informasi sehingga tidak ada jatuh korban. Karena sengatan dari Tabuan sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian. (DK.Com).

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

(Visited 14 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!