Gelar OTT, Tim Rescue Animal Amankan TMP Kesuma Bangsa

Kini 15 Titik, Ikhwan : Dulu Sudah Pernah

0 98
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Tim Rescue Animal dari Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) bersama Relawan Kota Samarinda, mengevakuasi Sarang Tawon di Taman Makam Pahlawan (TMP) di Jalan Kesuma Bangsa, Kelurahan Dadi Mulya, Kecamatan Samarinda Ulu, Senin (9/11/2020) siang.

Operasi Tangkap Tawon (OTT) kali ini memiliki titik evakuasi hingga 15 titik dengan ketinggian hingga 10 meter. Hal ini disampaikan oleh Ikhwan Wahyudin, Staff Bidang Operasi Penyelamatan dan Perlindungan Hak Sipil Disdamkar Kota Samarinda.

“Evakuasi kali ini memang sarangnya tidak terlalu besar, namun titik sarangnya sangat banyak hingga 15 titik. Selain itu tinggi pohon hingga 10 meter, untuk itu proses evakuasi ini akan cukup banyak memakan waktu,” ucap Ikhwan.

Evakuasi ini bukan pertama kalinya dilakukan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Samarinda, sebelumnya telah dilakukan evakuasi dengan sarang yang sangat besar namun hanya satu titik saja. Untuk sarang yang berada di tempat ketinggian, petugas melakukan pembakaran pada sarang tersebut.

Berita terkait : Timbulkan Ketakutan, Sarang Tawon Dibakar di TMP Samarinda

“Dulu sudah pernah kami evakuasi namun ukuran sarang sangat besar dan hanya 1 titik, kemungkinan Sarang Tawon yang tersebar menjadi 15 titik ini merupakan satu koloni dari Tawon yang terdahulu yang pernah kami evakuasi, dan untuk sarang yang berada di atas pohon maka kami akan lakukan pembakaran,” lanjut Ikhwan.

Untuk mencegah hal buruk yang terjadi kepada peziarah dan warga sekitar, petugas segera mengevakuasi sarang tersebut. Petugas menduga kondisi ini terjadi akibat lahan habitat Tawon menyempit, dan tergeser oleh aktivitas manusia. (DK.Com)

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!