Legislator Demokrat Kutim Dorong Tingkatkan Kualitas SDM TK Lokal

Alfian : Pembangunan dan Kesiapan SDM Itu Harus Seimbang

0 47

DPRD KUTAI TIMUR

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Dalam waktu dekat Kutai Timur (Kutim) akan memiliki perusahaan skala internasional, dengan keberadaan perusahaan bonafit yang beroperasi di wilayah ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang besar kepada daerah, khususnya kepada para pencari kerja yakni putra-putri daerah.

Anggota DPRD Kutim dari Partai Demokrat Alfian Aswad angkat bicara terkait tenaga kerja (TK) lokal, ia tidak ingin putra-putri daerah menjadi penonton.

Ia mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) agar lebih memperhatikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) lokal, perihal itu bertujuan untuk memberikan kesempatan kerja bagi putra-putri daerah khususnya di Kutim yang sudah memasuki usia produktif atau siap kerja.

Diungkapkan Alfian, pembangunan dan kesiapan SDM itu harus seimbang. Maka dari itu pemerintah dituntut untuk bisa mencukupi kebutuhan tenaga-tenaga kerja yang terampil, dan siap pakai untuk menunjang ketersediaan kesempatan kerja yang ada di daerah.

“Mengingat daerah kita ini banyak perusahaan-perusahaan skala nasional hingga internasional, jadi sudah sepatutnya kita serius untuk menyediakan SDM di bidang itu. Apalagi selama ini yang mendominasi tenaga teknis di perusahaan hanya orang-orang dari luar daerah, sudah seharusnya menyiapkan putra-putri daerah yang siap bekerja untuk ditempatkan di perusahaan tersebut,” paparnya kepada DETAKKaltim.Com, Kamis (1/7/2021).

Baca juga :

Menurut Alfian, langkah tersebut bertujuan agar nantinya tidak ada lagi investor yang berinvestasi di Kutim beralasan tidak memberikan kesempatan kerja bagi putra-putri lokal, hanya karena alasan keahlian.

Ditambahkan Alfian, DPRD Kutim sangat menekankan Pemda untuk memperhatikan serta memberikan binaan Ketenagakerjaan bagi putra-putri daerah.

“Sehingga mereka memiliki keterampilan serta keahlian di bidangnya, yang nantinya mereka memiliki potensi yang mumpuni untuk bekerja. Hal tersebut juga bertujuan untuk menanggulangi angka pengangguran di Kutai Timur.” pungkas politisi Partai Demokrat Kutim ini. (DETAKKaltim.Com/adv.)

Penulis : RH

Editor   : Lukman

(Visited 4 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!