Legislator Bontang Harap Pemanfaatan Air Eks Lubang Tambang IMM Terealisasi

Astuti : Harapannya Ini Segera Dieksekusi

0 75

DETAKKaltim.Com, BONTANG : Realisasi pemanfaatan air bekas lubang Tambang (Void) Indominco Mandiri (IMM), menjadi harapan tersendiri bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang. Seperti yang diungkapkan anggota Komisi 3 DPRD Kota Bontang Astuti.

“Tentu harapannya ini segera dieksekusi dan terealisasi akhir tahun,” kata legislator DPRD Bontang dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu kepada DETAKKaltim.Com, Selasa (18/5/2021).

Ia juga yakin, air bekas lubang Tambang itu secara kualitas dan kuantitas aman dikonsumsi. Hal itu tentu didukung dengan hasil kajian perusahaan IMM, maupun PDAM Tirta Taman Bontang beberapa waktu lalu.

“Tidak perlu dikhawatirkan untuk mengandung zat kimia dan sebagainya. Semoga aman dikonsumsi dan bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Keseriusan Komisi 3 mengawal rencana itu tentu tak main-main. Bahkan sudah merencanakan pembentukan tim percepatan, agar segera terealisasi dan didistribusikan kepada masyarakat.

Bahkan anggota Komisi 3 siap melibatkan dan rencana ini ke Senayan jika memang diperlukan. Tak hanya itu, melibatkan Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) dan PUPR Provinsi Kaltim, serta tim pendukung lainnya.

Berita terkait : DPRD Bontang Akan Bentuk Tim Percepatan Pemanfaatan Air Void

Waduk Marangkayu yang digadang-gadang mampu menyuplai air bersih ke Kota Bontang, nyatanya masih membutuhkan proses yang panjang. Hal itu berdasarkan hasil kunjungan Komisi 3 beberapa waktu lalu.

Terhadap rencana tersebut, Head HSEC PT IMM Taryono kepada media mengatakan, sesuai hasil kajian tim independen perusahaan air eks lubang Tambang, disebutkan laik dikonsumsi dan aman.

“Kami melibatkan Universitas Mulawarman dalam kajian. Yakni dilakukan penelitian terhadap 10 void di areal tambang IMM.” ungkapnya usai mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi 3 DPRD Kota Bontang. (DK.Com)

Penulis : SY

Editor   : Lukman

(Visited 7 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!