Lanjutan Pendidikan PKP, DPD PDIP Kaltim Gelar TOT

Nanda : Akan Menjadi Guru Pendidik Kader Pratama

0 123
Sekretaris DPD PDIP Ananda Emira Moeis. (foto : LVL)
Sekretaris DPD PDIP Ananda Emira Moeis. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan (PDIP) Kaltim menggelar kegiatan Training Of Trainer (TOT) di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Kaltim selama 2 hari mulai hari ini, Sabtu (16/7/2022).

Kegiatan TOT ini sebagaimana dijelaskan Wakil Sekretaris Badiklat Pusat PDI Perjuangan Sigit Widiarto sebagai kelanjutan dari kegiatan Pendidikan Kader Pratama (PKP) yang telah digelar sebelumnya, sesuai Amanah AD/ART PDIP yang menyambungkan kegiatan tersebut.

“Untuk membuat kualifikasi kader itu, salah satu langkahnya itu memang harus disambungkan dengan yang namanya pelatihan TOT, Training Of Trainer,” jelas Sigit kepada DETAKKaltim.Com dan sejumlah awak media lainnya.

TOT ini, jelas Sigit lebih lanjut, sebagai tempat mendidik calon Guru-Guru Kader PDIP di wilayahnya masing-masing. Mereka dibekali dengan berbagai macam pendidikan yang secara garis besarnya dalam kurikulum PDIP meliputi ideologi dan pengetahuan umum, serta keterampilan.

Wakil Sekretaris Badiklat Pusat PDIP Sigit Widiarto. (foto : LVL)
Wakil Sekretaris Badiklat Pusat PDIP Sigit Widiarto. (foto : LVL)

Melalui TOT ini diharapkan bisa menyebarkan luaskan ideologi Bung Karno yang tertuang di dalam AD/ART PDIP, sehingga kepada kader-kader PDIP memiliki kesamaan persepsi, pemikiran, dan gerak langkah ketika merespon sebuah fenomena di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga :

Lebih lanjut Sigit menjelaskan, kegiatan kaderisasi ini sudah berjalan sejak kepengurusan periode 2019-2024 yang didahului dengan Rakorbid Nasional, yang mengharuskan satu periode kepengurusan DPD minimal melaksanakan satu kali pendidikan kaderisasi Tingkat Madya.

“Untuk Tingkat Madya, sudah lebih dari lima puluh persen DPD yang melaksanakan,” ungkap Sigit.

Disinggung mengenai sejauh mana penilaian DPP PDIP memandang perlunya ada kegiatan kaderisasi dari segi ideologi, Kepala Badiklat PDIP Kaltim Iswandi mengatakan sangat penting sehingga DPP PDIP juga menjadikan prioritas untuk melakukannya hingga tahun 2024.

“Sangat penting sekali. Bagaimana kita membesarkan partai, membangun partai kalau ideologi kita nggak ada,” jelas Iswandi.

Untuk Kaltim, Iswandi mengungkapkan dalam setahun ditargetkan minimal 1.000 kader mengikuti PKP. Ia juga mengungkapkan tahun lalu telah melaksanakan PKP sebanyak 6 kali, dengan PKP khusus untuk perempuan 1 kali yang mencetak 767 kader.

Sekretaris DPD PDIP Kaltim Ananda Emira Moeis mengatakan, kegiatan TOT diharapkan mampu membangun kader-kader yang berkualitas, jiwa dan semangat dengan karakter PDI Perjuangan yang kuat, gotong royong, demokratis, pantang menyerah, progresif dan revolusioner.

“Hari ini kita melaksanakan Training of Trainer yang akan menjadi Guru pendidik Kader Pratama,” jelas Nanda, sapaan akrabnya.

Mereka yang mengikuti kegiatan TOT hari ini, lanjut Nanda, diharapkan bisa menjadi Guru Pratama di Kabupaten/Kota masing-masing.

Nanda mengungkapkan, peserta TOT hari ini berasal dari 10 Kabupaten/Kota dengan masing-masing diwakili 6 orang.

Setelah kegiatan ini, lanjut Nanda, DPD PDIP Kaltim masih akan melanjutkan pada kegiatan berikutnya. Sedangkan untuk di tingkat DPC, juga akan dilaksanakan dengan target minimal 100 orang kader per tahun. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

(Visited 59 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!