Kukar Dapat Kunjungan Kerja Dari DPRD Kota Yogyakarta  

0 74

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur kembali mendapat kunjungan kerja atau studi banding, kali ini dari Sekretariat DPRD Kota Yogyakarta.

Rombongan Sekretariat DPRD Kota Yogyakarta yang dipimpin Ketua DPRD Sujanarko dan Sekretaris Dewan Yulia Rustiyaningsih, diterima oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setkab Kukar H Machmudan bersama beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kamis (21/4/2016) di Pendopo Odah Etam Tenggarong.

“Selain bersilaturrahmi, kami ke sini ingin menambah wawasan mengenai Bidang Kehumasan dan Publikasi Pembangunan Daerah. Makanya bersama kami juga ikut beberapa jurnalis dari Yogyakarta,” ujar Sujanarko.

H Machmudan menyambut baik kunjungan tersebut, dan diharapkan mempererat silaturrahmi dan dapat saling berbagi informasi mengenai penyelenggaraan pemerintahan kedua daerah, termasuk tentang Kehumasan.

Sementara Kepala Bagian Administrasi Humas dan Protokol Setkab Kukar Dafip Haryanto mengatakan bahwa, untuk publikasi pembangunan daerah, selain advertorial juga dilakukan kerjasama kontrak halaman dengan tiga media cetak lokal ternama di Kaltim.  Selain itu, juga ada kerjasama dengan media elektronik nasional yaitu RRI dan TVRI, serta beberapa stasiun TV swasta untuk mempublikasaikan capaian pembangunan termasuk mempromosikan potensi daerah di antaranya even-even penunjang pariwisata.

Selain itu, dikatakan Dafip, pihaknya juga mengelola website dan radio streaming bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika, untuk menyebarluaskan informasi pembangunan dengan salah satu sasarannya adalah warga yang berada di kecamatan yang sulit dijangkau surat kabar.

“Khusus daerah hulu surat kabar sulit untuk menjangkaunya, hal itu kami siasati dengan radio streaming yang juga bisa diakses melalui smartphone, untungnya di Kukar semua kecamatan sudah terjangkau internet,” ujarnya.

Dafip mengatakan, pihaknya juga membuka SMS halo Bupati yang juga ditampilkan di halaman kontrak media cetak, untuk menerima saran maupun kritik dari masyarakat.  SMS dari masyarakat berkaitan dengan hal teknis, kemudian diteruskan ke instansi yang bersangkutan untuk ditanggapi, sedangkan jika mengenai kebijakan akan langsung dijawab oleh pihak Humas Protokol.

Sedangkan mengenai pelayanan Kehumasan kepada jurnalis, Dafip mengatakan di kantornya terdapat Media Center yang bisa dimanfaatkan Wartawan untuk mendapatkan informasi kegiatan Pemkab Kukar.

“Untuk menjaga hubungan dengan insan media, sudah tiga tahun terakhir kami ada kegiatan Pers gathering dengan membawa wartawan studi banding ke daerah lain,” demikian ujarnya.

Acara yang berlangsung penuh keakraban tersebut diakhiri dengan saling tukar plakat, dan makan siang bersama. (HA)

 

(Visited 10 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!