KPU Samarinda Terus Dorong Masyarakat Lakukan Perekaman E-KTP

Pilkada Serentak Lanjutan Rabu 9 Desember 2020

0 87
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak lanjutan tahun 2020 semakin mendekati hari pemilihan yang akan diselenggarakan, Rabu (9/12/2020).

Untuk meningkatkan partisipasi dan memberikan kesempatan masyarakat yang memiliki hak suara menyalurkan aspirasi politiknya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda terus mendorong agar masyarakat dapat melakukan perekaman E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Dwi Haryono, Komisioner KPU Samarinda Divisi Perencanaan Program, Data dan Informasi saat dikonfirmasi mengantakan pihaknya tetap mendorong agar masyarakat datang langsung ke Disdukcapil.

“KPU dan Disdukcapil mendorong masyarakat untuk datang melakukan perekaman E-KPT, meski hari Sabtu atau hari libur tetap buka,” kata Dwi, Senin (30/11/2020).

Menurut Dwi, upaya KPU Samarinda ini telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu sampai sekarang. Hal ini juga sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri yang berharap perekaman KTP elektronik (E-KTP) bagi daftar pemilih pada Pilkada serentak dimaksimalkan.

Berita terkait : Pilwali 2020, KPU Samarinda Tetapkan DPT 576.981 Pemilih

Perekaman e-KTP dibutuhkan guna memaksimalkan keterlibatan masyarakat untuk turut memberikan hak suaranya dalam Pilkada 2020. Sebab pada Pilkada nanti, e-KTP ataupun surat keterangan (Suket) telah melakukan perekaman e-KTP bisa digunakan sebagai dokumen pegangan untuk bisa mencoblos.

Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan bekerja sama dengan Panitian Pemungutan Suara (PPS) diketahui ada sekitar 1.432 orang warga Samarinda yang belum melakukan perekaman e-KTP. Untuk memenuhi target, Disdukcapil melakukan penambahan waktu pelayanan operasional perekaman e-KTP.

KPU Samarinda menetapkan sebanyak 576.981 Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Kota Samarinda. Sedangkan untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 1.963 TPS yang tersebar di 10 kecamatan di Kota Samarinda. (DK.Com)

Penulis : LVL

(Visited 9 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!