Korban Covid-19 Kutim Bertambah, Legislator Ini Ingatkan Lansia Ikut Vaksinasi

Prayunita : Harus Mendapatkan Vaksin

0 58

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Virus Corona kembali memakan korban jiwa di Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Terdapat penambahan 2 kasus pasien yang dinyatakan meninggal dunia dalam kondisi positif Covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Kutim dr Bahrani Hasanal pun membenarkan kejadian tersebut.

“Iya benar, ada dua pasien Covid yang meninggal, keduanya sudah Lansia,” papar Bahrani saat ditemui, Rabu (19/5/2021).

Bahrani memaparkan, pasien pertama merupakan laki-laki berusia 49 tahun yang berasal dari wilayah kerja Puskesmas Sangkulirang.

Kedua kasus pasien yang dinyatakan meninggal dunia dalam kondisi positif Covid-19 itu merupakan seorang Lansia.

Pasien Pertama dinyatakan meninggal dunia pada pukul 05:20 Wita, saat sedang menjalani rawat inap di RSUD Kudungga. Sedangkan pasien lainnya adalah seorang perempuan lanjut usia (66) dari wilayah kerja Puskesmas Sangatta Utara.

Lansia tersebut dinyatakan meninggal dunia Senin (17/5/2021), usai perawatan inap di salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Kutim.

Melihat banyaknya kasus meninggal dunia yang terjadi pada Lansia, anggota DPRD Kutai Timur Prayunita mengimbau agar golongan Lansia segera mengikuti program vaksinasi dari pemerintah.

“Berdasarkan data baru sepuluh persen Lansia di Kutai Timur yang mendapatkan Vaksin. Ini masih jauh dari target, ini PR bersama agar Lansia bisa tercover semua untuk divaksin,” ujar Prayunita saat ditemui DETAKKaltim.Com, Kamis (20/5/2021).

Politisi perempuan ini menduga tingkat kekhawatiran yang tinggi, membuat Lansia di Kutai Timur enggan mendapatkan penyuntikan Vaksin.

Padahal Vaksin sudah dijamin keamanannya, dan terbukti dapat meningkatkan imun pasien sehingga tidak mudah terpapar Covid-19.

“Artinya tidak usah khawatir. Aman insya Allah,” tuturnya.

Tingginya angka kematian akibat Covid-19 terhadap Lansia, sambungnya, seharusnya menjadi pertimbangan bagi masyarakat untuk segera menerima vaksin. Imunitas yang mulai turun di usia senja, membuat tubuh menjadi rentan terhadap penyakit menular.

Ditambah lagi dengan berbagai penyakit bawaan, yang bisa menambah rasa sakit terhadap pasien ketika terpapar Virus Corona.

Untuk itu, Politisi dari Partai Nasdem tersebut mengimbau agar keluarga yang memiliki Lansia di dalamnya, untuk segera membawanya ke tempat vaksinasi Covid-19.

“Lansia yang bisa menerima vaksin, harus mendapatkan Vaksin. Kalau sayang sama keluarganya yang Lansia, diajak ikut Vaksin.” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : RH

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!