Komandan Kodim Berganti, Brigjen Makmur Umar : Regenerasi dan Penyegaran

0 295

DETAKKaltim.Com, Samarinda : Tiga pucuk pimpinan Kodim di lingkungan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) berganti di Hall Makorem, Jln Gajah Mada, Samarinda, Kalimantan Timur, Jum’at (17/3/2017) pagi.

Usai memimpin prosesi pergantian yang berjalan khidmat tersebut, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Makmur Umar yang bertindak sebagai Inspektur Upacara kepada Wartawan DETAKKaltim.Com mengatakan, makna pergantian pejabat di lingkungan TNI, khususnya Angkatan Darat adalah sebagai bentuk regenerasi karena seorang pejabat tidak boleh lama-lama menjabat di suatu tempat.

“Prajurit tidak selamanya menjabat di situ, perlu peningkatan. Semuanya itu dilihat dari kinerjanya,” sebut Brigjen Makmur menjawab pertanyaan wartawan tentang makna pergantian pejabat di lingkungan TNI.

Danrem 091/ASN Brigjen TNI Makmur Umar, S.AP, MM sampaikan sambutan sertijab. (foto:LVL)

Menurutnya, pergantian pejabat merupakan hal yang lumrah sebagai upaya penyegaran dan untuk kebutuhan organisasi. Prajurit yang menjabat akan dipromosikan ke jabatan yang lain, sementara posisinya akan digantikan adik-adiknya di jabatan yang ditinggalkan. Diharapkan dalam pekerjaan selanjutnya lebih segar lagi.

Disinggung mengenai tantangan yang akan dihadapi ke depan para Dandim yang baru dilantik, Makmur mengatakan,  secara umum kondisi Kaltim saat ini kondunsif. Namun ancaman itu banyak sekali seperti teroris, konflik sosial, dan faham-faham yang mengarah kepada radikalisme.

“Ini tantangan yang harus dihadapi, yang terpenting adalah bagaimana kita sama-sama rakyat untuk membangun daerah bersama pemerintah,” jelasnya lagi.

Brigjen Makmur Umar juga menjelaskan, tugas pokok TNI  itu ada dua. Pertama operasi militer perang yaitu mencegat atau menghadapi invasi dari negara luar dan operasi militer selain perang.

Berita terkait : Sertijab 3 Dandim, Danrem 091/ASN : Perangi Secara Serius Masalah Narkoba

“Operasi militer selain perang ada empat belas item, di antaranya adalah membantu pemerintah daerah untuk mensejahterakan masyarakat. Temasuk di dalamnya membantu pemerintah bagaimana situasi ini kondunsif, termasuk membantu Kepolisian dalam melaksanakan Kamtibmas,” tandasnya.

Tiga Kodim yang mengalami penyegaran pimpinan adalah Kodim 0902/Tanjung Redeb, dari Letkol  Czi Slamet Santoso SE kepada Letkol Cpn Rony Nuswantoro SE, Komandan Kodim 0903/Tanjung Selor dari Letkol Inf Dannie Hendra kepada Letkol Inf Budi Permana SIP dan Komandan Kodim 0906/Tenggarong dari Letkol Kav Ari Pramana Sakti SIP kepada Letkol Inf Jansen Nainggolan MSC. (LVL)

(Visited 140 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!