Kebakaran! Si Jago Merah Lalap Gudang Arsip Dinkes Kutim

0 27

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Api berkobar di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim. Si jago merah melalap gudang arsip milik instansi di Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi tersebut, Selasa (2/7/2019) malam.

Kudrati (42), salah seorang warga yang ada di tempat kejadian perkara (TKP) menuturkan bahwa kebakaran terjadi sekitar Pukul 21:35 Wita, tidak diketahui persis penyebabnya. Dia menduga itu lantaran arus pendek listrik.

“Itu yang kami ketahui untuk sementara,” kata Kudrati.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kutim Bahrani Hasanal yang langsung ke TKP menjelaskan, jika yang terbakar benar gedung milik Dinas Kesehatan. Gedung itu dipergunakan sebagai gudang arsip.

Dikatakan pula, untuk lebih memastikan penyebab kebakaran itu pihaknya menyerahkan proses penyelidikan kepada aparat Kepolisian.

”Namun kalau kita indikasikan itu penyebabnya satu saja, yakni dari listrik. Namun untuk itu kita belum bisa pastikan,” ungkap Bahrani.

Terkait adanya dokumen yang ikut terbakar, menurut Bahrani, itu arsip lama tahun 2014 ke bawah. Karena di gudang itu hanya menyimpan dokumen yang sudah lama. Namun, selain dokumen di gudang ada aset kantor seperti TV dan 1 unit motor dinas milik Bidan yang belum diambil.

“Kemungkinan ikut terbakar,” katanya.

Namun dia mengakui bahwa di gudang itu terdapat sejumlah arsip beberapa tahun silam.

”Tahun berapa itu saya masih kurang tahu, nanti kita cek dulu,” cetusnya.

Bahrani juga menyerahkan penyelidikan peristiwa itu kepada Kepolisian sembari menghitung kerugian. Setelah api padam, tim identifikasi dari Polres Kutim memang langsung membentangkan garis Polisi di areal yang terbakar.

Kasmir, Kepala Seksi Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Kutim saat dikonfirmasi mengatakan, tim pemadam kebakaran menerjunkan 7 unit mobil pemadam dari 3 pos yakni Pos Kudungga,  Pos Pendidikan, dan Pos STQ.

Kasmir mengatakan, tim pemadam sedikit terlambat dalam bergerak karena lambat mendapatkan informasi.

“Tak ada yang menghubungi pos sehingga informasi lambat masuk dan tim pun sedikit terlambat,” jelasnya.

Namun sekitar 45 menit tim pemadam bertarung melawan Si Jago merah, akhirnya bisa ditaklukkan meski tim pemadam sempat alami kesulitan karena api semakin besar lantaran yang terbakar dokumen berupa tumpukan kertas.

“Sempat kewalahan karena yang terbakar ini barang yang cepat dilalap api, pas disiram anggota kesusahan karena dokumen yang tebal,” tandasnya.  (RH)

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!