Jelang Nataru, Kapolda Kaltim Pimpin Rakor Lintas Sektoral

Kapolda Harap Masyarakat Tetap Menjalankan Prokes

0 263

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral yang digelar bersama instansi-instansi terkait, di salah satu hotel di Samarinda, Kamis (9/12/2021).

Rakor tersebut dipimpin langsung Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak yang dihadiri Gubernur Kalimantan Timur diwakili Sekretaris Daerah Prov Kaltim Muhammad Sa’bani, dan Pangdam VI/Mulawarman (Mlw) yang diwakili Danrem 091 Aji Surya Natakesuma Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro.

Tujuan rapat bersama dengan stakeholder tersebut terkait dengan antisipasi lonjakan Covid-19, menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru) serta percepatan vaksinasi di Bumi Etam.

“Rapat ini koordinasi ini melibatkan stakeholder terkait, mulai dari TNI, Binda, Pemerintah Kabupaten/Kota, seluruh pihak terkait lainnya. Yang pertama mengantisipasi lonjakan Covid-19, pada pelaksanaan natal dan tahun baru nanti,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Kapolda, mengantisipasi kelangkaan-kelangkaan seperti BBM, bahan pokok serta pasokan listrik juga lainnya.

Tidak hanya itu, Kapolda Kaltim menyebutkan selain antisipasi lonjakan Covid-19 dan kelangkaan bahan pokok, juga terkait terjadinya bencana alam.

“Ya, ini melihat dengan tingginya curah hujan yang tinggi di Kaltim. Nah ini semua akan kami bahas dalam rapat koordinasi, menyampaikan situasi dan kondisi serta kesiapan dari masing-masing daerah, kemudian menyatukan langkah antisipasi yang dilakukan,” bebernya.

Terkait PPKM tersebut, pihaknya menjelaskan nantinya ada instruksi dari Mendagri.

“Itu sudah dikeluarkan Pemerintah Pusat. Seluruh daerah itu level 3, tetapi dicabut. Yang diberlakukan sekarang sesuai dengan level masing-masing, seperti Samarinda Level 2 ya itu yang diberlakukan ketentuannya,” terangnya.

Dan, lanjut Kapolda, kemungkinan nantinya akan ada instruksi baru yang dikeluarkan pada tangga 23 Desember, menjelang Nataru.

“Karena pemerintah tentunya akan melakukan asesment terhadap situasi, jadi menunggu instruksi pusat. Yang jelas saat ini sesuai levelnya masing-masing,” imbuhnya.

Kapolda Kaltim juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk tetap menjaga Protokol Kesehatan (Prokes) ketat.

“Masyarakat diharapkan untuk tetap menjalankan Prokes dengan baik, terutama menggunakan Masker, ini mengantisipasi lonjakan Covid-19. Serta bagi yang belum vaksin, segera datang ke gerai-gerai vaksin yang ada, juga mari bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Kaltim yang diwakili Sekertaris Daerah Provinsi Kaltim Muhammad Sa’bani menyampaikan, menjelang perayaan natal dan tahun baru akan terjadi lonjakan mobilitas sehingga meminta Polri dan TNI berkerja sama, untuk terus melakukan pemantauan mobilisasi masyarakat dikarenakan saat ini Pemerintah Pusat telah membantalkan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia.

”Walaupun saat ini Provinsi Kaltim sudah mengalami penurunan dalam kasus Covid, tetapi kita harus tetap waspada seperti tetap menerapkan Protokol Kesehatan. Menghidari kerumunan, dan saat ini sudah ada himbauan dari Pemerintah Pusat untuk menghindari penyebaran Covid-19, yaitu mengaktifkan kembali Satgas Covid 19 dan menerapkan 5 M,” kata Sa’bani.

Baca Juga :

Selain itu Sa’bani juga mengucapkan terima kasih kepada TNI – POLRI, yang akan melaksanakan pengamanan pada perayaan natal tahun 2021 dan perayaan tahun baru 2022.

Pangdam VI/Mulawarman yang diwakili oleh Danrem 091 Aji Surya Natakesuma, Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro mengharapkan kegiatan ini dapat aman dan lancar, serta menghasilkan keputusan yang strategis guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas di Kaltim serta mencegah lonjakan kasus Covid-19.

“Jajaran TNI di Kodam VI/Mlw siap mendukung Operasi Lilin yang akan dilaksanakan oleh Polda Kaltim. Personel TNI siap berkerja sama dengan seluruh instansi pemerintah, guna mengatisipasi tindak kejahatan yang ada sehingga dapat menciptakan rasa aman, dan nyaman kepada masyarakat yang merayakan natal dan tahun baru.” pungkasnya.

Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman menyampaikan, Operasi Lilin Mahakam ini berjalan setiap tahun. Dilaksanakan dengan tujuan menjaga situasi Kamtibmas, untuk memberikan suasana yang damai buat umat Kristiani di Wilayah Kaltim, khususnya Kota Samarinda untuk melakukan kegiatan rohani agar tidak terganggu. Baik itu gangguan di dalam maupun di luar, serta menjaga Kamtibmas pada perayaan tahun baru 2022 nanti.

“Dalam operasi nantinya kita akan membangun pos-pos pengamanan di Wilayah Kota Samarinda, agar kita dapat memberikan situasi yang aman pada umat Kristiani yang melaksanakan Ibadah,” kata Kapolresta.

Kapolresta Samarinda juga menghimbau kepada masyarakat Kota samarinda dalam Perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 Ini, agar tetap menjaga Protokol Kesehatan untuk mencegah terjadinya penyebaran Virus Covid-19. Karena sampai saat ini pandemi Covid-19, khususnya di Wilayah Kota Samarinda masih belum usai. (DETAKKaltim.Com)

Sumber : Rilis Hms Polresta

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!