Jaga Nasionalisme, PDIP Kaltim Inisiasi Raperda Pendidikan Pancasila

Samsun : Sebagai Hak Inisiatif DPRD

0 131

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim terbitkan dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif, dalam Rapat Paripurna Ke-5 Masa Sidang I Tahun 2023, pada, Selasa (31/1/2023).

Dua buah Raperda tersebut, Pertama; Pengutamaan Bahasa Indonesia serta Perlindungan Bahasa dan Sastra Daerah. Kedua; Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun menyampaikan, Raperda Pendidikan Pancasila digagas oleh pihaknya dalam PDI Perjuangan. Sebab, Pancasila dipandangnya sangat penting sebagai dasar negara, falsafah negara, hingga ideologi negara.

“Sebagai hak inisiatif DPRD agar itu juga dibuat Perdanya, terkait dengan Pendidikan Pancasila, harus menjadi bagian dari hidup Bangsa Indonesia. Harus diketahui dan diamalkan oleh segenap Bangsa Indonesia, untuk penguataannya kita buatkanlah Perdanya,” bebernya kepada media DETAKKaltim.Com, usai pelaksanaan Rapur di ruang kerjanya, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga :

Legislator PDI Perjuangan itu menegaskan, rasa nasionalisme dalam diri setiap masyarakat, terutama para pelajar Benua Etam harus terus dijaga, agar tidak terdegradasi.

“Kita harus tahu sejarahnya, kenapa Bangsa Indonesia berdiri, apa tujuannya, dasar pendiriannya, kalau semua bangsa sudah memahami, sudah tidak akan ada lagi paham-paham ekstrim,” tuturnya.

Selain itu, menurutnya, dengan penggencaran sosialisasi terhadap Pendidikan Pancasila, ke depan tidak akan ada lagi pihak-pihak yang menggiring Negara Indonesia ke dalam bentuk negara khilafah serta komunis, di luar dari pada demokrasi Pancasila.

“Tidak akan ada lagi oknum yang akan menggiring bentuk bangsa di luar demokrasi Pancasila. Kita harus selalu sesuai dengan falsafah dasar, itu yang harus dipahami semua pihak, terutama kawan-kawan muda.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor   : Lukman

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!