HUT Ke-20 Kota Bontang, Wali Kota Komitmen Bangun SDM Unggul

0 236

DETAKKaltim.Com, BONTANG : Peringatan hari ulang tahun (HUT) Ke-20 Kota Bontang yang jatuh pada 12 Oktober 2019, digelar melalui tiga rangkaian agenda secara maraton.

Tiga rangkaian agenda tersebut dimulai sejak pagi dengan menggelar upacara bendera di halaman Kantor Wali Kota Bontang, dilanjutkan sidang paripurna Ke-9 masa sidang I DPRD Kota Bontang dalam rangka HUT Kota Bontang, dan diakhiri syukuran HUT di Auditorium Kantor Wali Kota, Senin (14/10/2019).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Wali Kota Basri Rase beserta istri, dua mantan Wali Kota Andi Sofyan Hasdam dan Adi Darma, Ketua DPRD Andi Faizal Sofyan Hasdam, Wakil Ketua DPRD Agus Haris dan Junaidi beserta seluruh anggota DPRD, Plt Sekda Kota Bontang, seluruh Asisten, Kepala OPD dan Lurah, pimpinan unsur Forkopimda, pimpinan Ormas, pihak perusahaan, perbankan, para tokoh masyarakat, dan tamu undangan.

Upacara bendera HUT Kota Bontang dipimpin langsung Wali Kota Bontang Hj Neni Moerniaeni selaku inspektur upacara. Adapun peserta upacara terdiri dari ASN, unsur TNI/Polri, Ormas, dan pelajar.

Pelaksanaan HUT Kota Bontang sangat kental dengan nilai budaya, dimana inspektur upacara beserta para jajaran Pemkot Bontang, ketua beserta anggota DPRD, dan pimpinan unsur Forkopimda yang hadir ikut mengenakan pakaian bernuansa tradisional khas Kaltim.

Upacara yang berlangsung khidmat ini diawali dengan pembacaan sejarah singkat terbentuknya Kota Bontang. Asal usul nama Bontang sendiri berasal dari dua gabungan, yakni kata Bon dan Tang. Kata Bon bermakna ikatan dan Tang bermakna pendatang.

Dalam amanat inspektur upacara, Wali kota Neni mengingatkan kembali visi Kota Bontang, yakni menguatkan Bontang sebagai kota maritim berkebudayaan industri yang bertumpu pada kualitas sumber daya manusia dan lingkungan hidup untuk kesejahteraan masyarakat, dengan misi smart city, green city, dan kreatif city.

“Pemilihan tema HUT Kota “SDM Unggul Bontang JAGO” ini sejalan dengan RPJMN Pemerintah RI. Dimana 55 persen anggaran negara digunakan untuk pembangunan sumber daya manusia. Oleh karenanya tema ini sangat tepat dan relevan sesuai dengan visi dan misi Pemkot Bontang,” kata Neni.

Menurutnya, SDM unggul penting bagi Kota Bontang karena Bontang bukan kota yang kaya akan sumber daya alam. Kota Bontang hanya sebagai daerah pengolah hasil alam dari Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Kutai Timur.

“Tetapi itu semua sifat sumber daya yang unrenewable resources, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Oleh karena itu, saya selaku Wali Kota punya komitmen membangun SDM yang unggul, yang ke depan tentunya kita tidak bicara lagi tentang gas dan kondensat. Tetapi (bicara) Bontang punya SDM yang unggul, yang siap membangun Kota Bontang ke arah yang pasti lebih baik lagi,” lanjut Neni.

Wali Kota Neni menjelaskan lebih jauh, pengelolaan APBD Kota Bontang yang terbagi atas urusan wajib dan urusan pilihan. Dari pengelolaan itu, memunculkan komitmen yang menjadi prioritas Pemkot Bontang.

Seperti komitmen terhadap dunia pendidikan dengan memberikan seragam, tas, dan sepatu gratis dari SD hingga SMA baik negeri maupun swasta, komitmen mendukung industri hilir, terhadap lingkungan hidup, terhadap kaum difabel baik melalui penyediaan sarana dan prasarana, serta komitmen terhadap kesejahteraan ASN termasuk para guru mengaji, para Ketua RT dan Pastor.

Di akhir upacara bendera, diisi dengan penyerahan beberapa penghargaan. Di antaranya pemberian penghargaan kepada 24 orang relawan Palu, dilanjutkan pemberian penghargaan kepada pemenang lomba kelurahan tingkat Kota Bontang, pemenang lomba Camat  berprestasi tingkat Kota Bontang, pemenang Anugerah Kelurahan Sehat, pemenang pemeringkatan Keterbukaan Informasi publik Tingkat  Kota Bontang, dan pemberian penghargaan kepada asosiasi perusahaan sahabat ramah anak.

Tak hanya itu, Wali Kota Neni didampingi jajaran pemerintah kota memberikan bantuan secara simbolis berupa perlengkapan sekolah mulai dari tas, buku, seragam, dan sepatu bagi siswa SD, SMP, SMA/SMK baik negeri maupun swasta. (AG/PPID)

(Visited 12 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!