Fantastis, Kunjungan ke Obyek Wisata Kukar Meningkat

1 163

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Kunjungan di beberapa obyek wisata di Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur meningkat selama libur lebaran Idul Fitri tahun ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kuar Sri Wahyuni mengatakan, beberapa tujuan wisata Kukar yang menjadi favorit pengunjung di antaranya yaitu Planetarium Jagad Raya, Waduk Panji Sukarame, Museum Kayu Tuah Himba, Pantai Tanjung Harapan Samboja, dan Dayak Experience Center.

Dikatakannya, jika dibandingkan dengan libur lebaran tahun 2015, jumlah pengunjung untuk empat obyek wisata selain Dayak Experience Center sebanyak 18.393 orang, namun pada libur lebaran tahun ini mencapai 22.433 orang wisatawan yang datang.

“Ini menunjukkan telah terjadi tingkat kenaikan pengunjung rata-rata 15 persen pada empat obyek wisata tersebut kecuali Dayak Experience Center yang memang baru dibuka untuk masyarakat umum pada Mei 2016 lalu,” ujarnya, Selasa (12/7/2016).

Sehingga, dikatakan Sri, jumlah retribusi yang masuk untuk empat obyek wisata tersebut sebesar Rp64.930.500,00 selama libur lebaran tahun ini.

data obyek wisata
Sri mengatakan, kenaikan kunjungan tersebut karena beberapa faktor, di antaranya yaitu infrastruktur yang lebih baik, keberadaan Jembatan Kartanegara yang sudah rampung dan dioperasikan, serta jembatan Repo-Repo menuju Pulau Kumala yang menjadi daya tarik tersendiri.

“Semakin banyak pengunjung pada satu tempat wisata akan berdampak pada jumlah kunjungan ke obyek-obyek wisata lainnya yang ada di kota Raja Tenggarong,” ujarnya.

Sementara, kunjungan ke Pulau Kumala memiliki jumlah yang bisa dibilang fantastis. Menurut data dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), terhitung sebanyak 47.368 orang yang mengunjungi pulau wisata tersebut selama libur lebaran ini. (HA)

(Visited 14 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!