DPRD Kaltim Bentuk Pansus LKPJ, Evaluasi Kinerja Gubernur

Rusman : Itu Akan Kami Evaluasi

0 72

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim melaksanakan Rapat Paripurna Ke-7 di Gedung D, Senin (29/3/2021) siang.

Rapat Paripurna dipimpin langsung  Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK. Salah satu agenda Paripurna adalah penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Kaltim Tahun Anggaran 2020, yang diwakili Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi.

Tak hanya itu, dewan juga mengumumkan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) LKPJ. Pansus tersebut diketuai Andi Harahap dari Fraksi Golkar, didampingi Rusman Yaqub dari Fraksi PPP sebagai Wakil Ketua Pansus.

Makmur menjelaskan, tujuan utama Pansus LKPJ adalah untuk mengevaluasi kinerja Pemprov Kaltim. Terutama dalam soal pengembangan infrastruktur, serta pembangunan lainnya selama 2020. Mantan Bupati Berau ini mengatakan, Pansus bakal bekerja secara maksimal selama 30 hari ke depan.

Secara pribadi, Makmur belum bisa serta-merta memberikan pandangan atau catatan khusus terkait LKPJ yang telah diserahkan, karena sudah menjadi tugas Pansus. Namun ia menilai sudah ada beberapa hal yang terlaksana cukup baik, kendati dihadapi dengan kondisi pandemi Covid-19.

“Dengan Pansus ini akan kami berikan masukan. Apa yang menjadi kekurangan, ke depannya harus disempurnakan dalam satu tahun berjalannya APBD,” tegas Makmur saat dikonfirmasi DETAKKaltim.Com.

Wakil Ketua Pansus LKPJ Rusman Yaqub membeberkan, dalam waktu dekat Pansus akan melaksanakan rapat internal untuk menyusun jadwal. Secara gari besar, LKPJ yang telah diterima akan dicek secara langsung ke lapangan oleh Pansus, apakah sesuai dengan fakta yang ada. Baik serapan anggaran maupun fisiknya.

Selain itu, Rusman memaparkan dalam pemberian catatan dari hasil evaluasi LKPJ, juga bakal dilakukan uji petik oleh Pansus. Mengingat, terkadang narasi laporan seringkali tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

“Kita lihat di situ dari laporan resume hanya berupa angka sekian. Belum lihat bentuk konkrit sebarannya dimana, kemudian lokasinya dimana dan sebagainya belum tersebutkan. Itu akan kami evaluasi,” tandasnya. (DK.Com)

Penulis : adt

Editor   : Lukman

(Visited 4 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!