DPRD Balikpapan, Rapat Paripurna Persetujuan Raperda Penanggulangan Kemiskinan

6 Fraksi Sampaikan Pandangan Akhir

0 127
DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan menggelar Rapat Paripurna dengan Agenda Penyampaian Pandangan Akhir Fraksi-Fraksi DPRD Balikpapan, sekaligus Penandatanganan Persetujuan bersama atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penanggulangan Kemiskinan dan Perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak.

Rapat Paripurna berlangsung melalui Video Conference di Ruang Rapat Gabungan Gedung DPRD Balikpapan, Selasa (29/9/2020) kemarin.

6 Fraksi DPRD Balikpapan hadir menyampaikan pandangan akhir, Fraksi Golkar, PDIP, Gerindra, PKS, Fraksi Demokrat, dan Fraksi Gabungan Include PKB.

Wakil Ketua DPRD Balikpapan Subari memberikan apresiasi karena Balikpapan cukup rendah angka kemiskinannya, dibandingkan dengan kabupaten atau kota lainnya yang ada di Kaltim maupun di tingkat nasional.

“Itu sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Balikpapan, kami akan terus berkoordinasi untuk menanggulangi kemiskinan di Balikpapan,” ungkapnya.

Selain membahas Raperda penanggulangan kemiskinan, pihaknya juga membahas tentang Perda Perlindungan anak.

“Anak-anak sangat penting untuk dilindungi, sehingga perlindungan anak sudah memiliki payung hukum, dengan Undang-Undang Nomor 35. Karena anak merupakan aset kita, aset bangsa dan negara,” tuturnya.

Dengan adanya Perda terkait perlindungan anak di Balikpapan, lanjutnya, dapat mengakomodir dan juga mengurangi eksploitasi terhadap anak. Apalagi saat ini sudah banyak anak-anak meminta-minta di jalan atau pertigaan jalan ataupun berjualan.

Baca juga : Pansus DPRD Balikpapan RDP dengan Gugus Tugas Covid-19

Selain keberadaan anak-anak memiliki payung hukum, ia juga menekankan bahwa orang tua juga memiliki tugas sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang.

“Kami berharap Perda itu bisa berjalan secara efektif dan sesuai dengan harapan. Karena itu, penting untuk Balikpapan agar Balikpapan menjadi kota layak huni,” tandas Subari. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 21 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!