DPD PDIP Kaltim Gelar Rapat Penyampaian Bacaleg Pemilu 2024

Budiono: Kami Kemarin Yang Menjaring 200 Persen

0 128

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kaltim, menggelar Rapat Teknis Penyampaian Usulan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Kalimantan Timur (Kaltim), di Hotel Novotel Balikpapan, Rabu (22/3/2023).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Balikpapan Budiono yang menjadi salah satu peserta rapat dalam keterangannya mengatakan, rapat tersebut dihadiri Ketua, Sekretaris, dan Bendahara DPC PDIP seluruh Kaltim.

“Di dalam undangan Rapat Pimpinan Daerah yang dipimpin oleh Pak Safaruddin dan Sekretaris Bu Nanda, yaitu terkait usulan bakal calon legislative Pemilu 2024 di Kabupaten/Kota sesuai dengan surat DPP PDI Perjuangan Nomor 4811 tanggal 6 Februari 2023,” sebut Budiono.

Di dalam surat DPP tersebut menyebutkan, memerintahkan kepada PDI Perjuangan seluruh Indonesia untuk menyusun bakal calon anggota legislative sesuai dengan regulasi partai, aturan partai yaitu nomor 25a.

“Artinya, di sana garis besarnya. Yang Pertama, kita harus menjaring 200 persen di setiap Dapilnya. Di dalam penjaringan 200 persen tersebut, tentunya yang pertama adalah menyertakan keterwakilan perempuan. Kalau 100 persen 30, kalau 200 persen berarti 60 keterwakilan perempuannya di situ,” jelas Budiono.

Yang kedua, mengikuti seluruh tahapan penjaringan. Mulai pendaftaran secara online, selanjutnya psikotes yang diadakan lembaga independen. Selanjutnya, tes wawancara, kemudian penilaian pembobotan (scoring).

“Contonya, kalau kita bergabung di PDIP baru satu tahun nilainya pembobotan berapa, kalau yang sudah 10 tahun pembobotannya berapa. Itu namanya pembobotan atau scoring,” jelas Budiono lebih lanjut.

Baca Juga:

Budiono juga mengungkapkan, rapat dipimpin Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Muriyanto didampingi Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga. Rapat digelar sehari penuh, sehari sebelum puasa dan selesai.

“Sesuai denggan surat partai nomor 4811 tersebut, kami kemarin yang menjaring 200 persen dari total yang kami terima pendaftaran. Kami menseleksi hingga tinggal 150 persen, dan diseleksi lagi oleh DPD menjadi 120 persen. Dan hasil dari 120 persen tiap-tiap Dapil tersebut akhirnya kami laporkan ke DPD, kami peresentasikan dan nanti keputusannya ada di DPP PDI Perjuangan yang merupakan SK pencalegkan,” jelas Budiono.

Budiono mengucapkan terima kasih atas kedatangan Ketua DPP PDI Perjuangan, Bappilu PDI Perjuangan dan Bidang Pemuda dan Olahraga ke Balikpapan memberikan perhatian penuh.

“Saya sangat bangga ketika Kalimantan Timur khusus Balikpapan didatangi langsung oleh Ketua DPP bagian pemenangan Pemilu yaitu bapak Bambang Pacul yang sering kita sebut Ndoro Pacul.” tandas Budiono.

Pemilu legislatif akan diselenggarakan, Rabu (14/2/2024). Pemilu legislative kali ini akan diikuti 18 partai politik secara nasional, dan 6 partai lokal di Nangroe Aceh Darussalam. PDI Perjuangan memiliki nomor urut 3. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL

(Visited 4 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!