Diwarnai Deklarasi Tolak Kerusuhan, Gerak Jalan Santai HUT Bhayangkara Berlangsung Meriah

0 33

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Masyarakat Balikpapan diajak untuk mengikuti gerak jalan santai  yang dirangkai dengan deklarasi menolak kerusuhan dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) Ke-73 Bhayangkara di Lapangan Merdeka, Minggu (23/6/2019) pagi.

Selain ribuan warga Kota Minyak Balikpapan dari berbagai kalangan, hadir pula sejumlah pejabat pemerintah. Di antaranya Walikota Balikpapan Haji Rizal Effendi, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto, dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto.

Kepada DETAKKaltim.Com dan sejumlah awak media lainnya, Kapolda menyampaikan Polda Kalimantan Timur khususnya di Balikpapan telah melakukan kegiatan-kegiatan yang lain dalam rangka HUT Ke-73 Bhayangkara, dan masih melakukan kegiatan bhakti sosial untuk ke depannya.

“Namun hari ini fokus kepada gerak jalan santai dalam memperingati hari Bhayangkara tahun 2019 ini,” jelas Irjen Pol Priyo Widyanto.

Selain melaksanakan gerak jalan santai ini, lanjutnya, juga sekaligus mendeklarasikan menolak adanya kerusuhan dengan mengajak seluruh elemen masyarakat Kalimantan Timur.

“Kita semua tidak ingin kejadian itu terulang kembali seperti kejadian di tanggal 21 dan 22 Mei, kita semua tidak menginginkan di wilayah lain ataupun di Balikpapan terjadi,” imbuhnya.

Ia juga menegaskan dengan adanya deklarasi ini, semua kembali menyatukan hati dan langkah serta tekad untuk menjaga Kalimantan Timur tetap kondusif.

Untuk di Balikpapan, masih kata Kapolda, indikasi kerusuhan tidak ada. Namun selaku penjaga keamanan dan ketertiban, Kepolisian dan TNI menghimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan informasi di media sosial, pemberitaan-pemberitaan yang tidak jelas. Karena dampaknya sangat berbahaya.

“Jadi marilah bersama-sama kita jaga bersama kerukunan dan toleransi, saling merangkul dan bergotong royong dalam dalam hal yang positif,” tandasnya.

Senada dengan Kapolda Kaltim, Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto mengatakan bahwa TNI AD, AL, AU mendukung penuh dengan apa yang sudah disampaikan Kapolda.

“Yang jelas TNI mendukung penuh sebagai mitra, sahabat dekat Kepolisian. Secara konsensus menolak adanya kerusuhan, mari kita jaga Kalimantan Timur dengan damai,” tegasnya. (Roni S)

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!