Dishut Kaltim Gelar Pelatihan Kompetensi Pilot Drone

Rini : Pelatihan Drone Ini Sangat Bagus

0 104

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Teknologi Drone yang berkembang pesat dimanfaatkan di berbagai bidang. Satu di antaranya, Sektor Kehutanan dan Pelestarian Lingkungan.

Untuk itulah, Dinas Kehutanan (Dishut) Kaltim bekerja sama dengan United Nations Development Programme (UNDP) dan Global Environment Facility (GEF), mengadakan pelatihan Tes Kompetensi Pilot Drone dalam Program Perlindungan Areal Berhutan di luar kawasan hutan.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 5 hari yakni 28 Maret-01 April 2022 yang diikuti 30 peserta, di Hotel Mesra Samarinda. Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini, dari Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI).

Kepala Bidang Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat Hutan Rini Indah Lestari menuturkan, berbagai manfaat Drone di Bidang Kehutanan. Mulai dari pemantauan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) hingga satwa liar.

Baca Juga :

“Ini kan lanjutan dari program kemarin ya, waktu saya di Bidang Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan kemarin, kegiatan ini kami lakukan bekerja sama dengan Kalimantan Forest (KalFor) Project mengadakan Pelatihan Safety Drone. Kalfor ini kan salah satu anak perusahaan Bank Dunia UNDP. Pelatihan dari tahun 2021, tapi ini dilanjutkan lagi untuk sertifikasinya,” ujar Rini.

Lebih lanjut Rini menuturkan, kegiatan pelatihan ini diikuti oleh sejumlah Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) dan Dinas Lingkungan Hidup maupun Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kaltim.

Menurut Rini, keterlibatan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di Kaltim bertujuan memantau berbagai aktivitas Kehutanan.

“Pelatihan Drone ini sangat bagus, fungsinya untuk pemantauan kebakaran hutan, perencanaan areal kerja, dan lain-lain.” tandas Rini. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!